Sujud Tetap Konsisten Ngeluyur

sujud1Hobi ngeluyur Bupati Malang Sujud Pribadi ke desa-desa terpencil bakal berlanjut hingga akhir kepemimpinannya. Melalui hobi itu, Sujud mengaku mampu melihat langsung kondisi masyarakat Kabupaten Malang. Bahkan ia mengatakan ngeluyur juga menjadi wahana cross check kinerja para punggawa-nya, termasuk infrastuktur yang belum memadai.

Hal tersebut ditegaskan Sujud Pribadi kepada Malang Post saat meninjau proyek kemitraan di Dusun Gading Desa Gading Wetan Kecamatan Jabung, kemarin. Sujud menegaskan, tidak akan menghentikan kebiasaan ngeluyur meskipun masa kerjanya tersisa satu hari lagi.

“Sengaja makin giat pada akhir tahun Kepemimpinan, untuk menghindari prasangka yang bukan-bukan. Kalau hal ini saya giatkan empat tahun lalu, wah bisa dikira kampanye,” ujarnya sambil menyetir kendaraan dinas Nopol N 300 DP.

Sujud mengaku, hobi keliling desa-desa tersebut amat bermanfaat terhadap kebutuhan masyarakat. Tak jarang, aksi ‘ngeluyur’ itu dia lakoni dengan bersepeda motor seperti warga masyarakat umumnya. Dari situ, dia seringkali mendengar keluh kesah warga, utamanya tentang akses jalan yang buruk.

“Seperti jalan ini (Dusun Gading Desa Gading Kembar), dulu hanya setapak, padahal warga amat membutuhkan jalan besar untuk mengangkut hasil pertanian. Lewat kemitraan, dengan melibatkan masyarakat, akhirnya terealisasi,” katanya sambil tetap konsentrasi menyetir kendaraan.

Kata Sujud, periode kepemimpinan yang singkat harus diisi kegiatan yang berguna bagi masyarakat. Terlebih, wilayah Kabupaten Malang yang luas menuntut Pemimpin yang cepat dan tanggap. Selain persoalan infrastuktur, melalui sambang desa, Sujud mengaku bisa melihat mengecek kinerja Camat atau Kepala Desa tertentu.

“Ada Kepala Desa yang rajin dan baik kinerjanya, tahun 2009 ini seharusnya ada reward bagi Kepala Desa yang berhasil membangun daerahnya. Pembangunan jangan menunggu APBD saja, lewat kemitraan bisa lebih cepat,” pungkasnya.(ary/eno) (Ary Wicaksono/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Kabupaten Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s