Tetap Sah, Meski Kaji Tak Tanda Tangan

Hasil rekapitulasi penghitungan suara ulang di Pamekasan telah diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim, oleh Ketua KPU Pamekasan Imaduddin kepada anggota KPU Jatim Arief Budiman.

Menurut Arief, dari 13 kecamatan di Pamekasan, saksi KaJi (Khofifah-Mudjiono) menolak menandatangani berita acara di 7 PPK (panitia pemungutan kecamatan). Sementara di 6 kecamatan sisanya, ditandatangani kedua saksi pasangan calon. “Di 6 kecamatan yang ditandatangani saksi KaJi, hanya dua kecamatan yang tidak ada keberatan, yaitu di Galis dan Pakong,” kata Arief Budiman kepada wartawan di kantor KPU Jatim, Jumat (2/1) kemarin.

Meski ada saksi KaJi yang tidak mau tandatangan berita acara di PPK, namun hal itu tidak mempengaruhi sah tidaknya hasil penghitungan. “Nggak berpengaruh. Hanya keberatan mereka saja dicatat pada kolom khusus,” tuturnya.

Hasil rekapitulasi penghitungan suara ulang itu, pasangan KaJi mendapat 195.117 suara, KarSa 216.293 suara, serta suara tidak sah 5.840 suara. Berdasar tahapan KPU, rekapitulasi penghitungan suara di tingkat Provinsi bakal digelar pada 30 Januari mendatang, berbarengan dengan hasil pemungutan ulang di Bangkalan dan Sampang. Hasil rekapitulasi penghitungan ulang ini bakal diberitahukan ke MK dan KPU Pusat. Rencananya, hasil akan dikirimkan dalam minggu depan.

Secara terpisah, Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) akan mempersiapkan 40 Posko dan 1500 relawan yang akan disebar di dua kota Bangkalan dan Sampang dalam Pilgub Putaran III.

Menurut Gubernur LIRA Jatim, Ir Bagus Harya Supeno, relawan yang akan direkrut dari pemuda Bangkalan dan Sampang akan membantu kerja polisi. “Pemantauan coblosan oleh LIRA agar berjalan dengan kondusif dan aman,” kata Ir Bagus Harya, kemarin.

Jika nanti ditemukan provokator dalam pencoblosan akan ditangkap dan diserahkan kepada piha kepolisian. (jpnn/udi) (JPNN)

Iklan

1 Komentar

Filed under jatim, politik

One response to “Tetap Sah, Meski Kaji Tak Tanda Tangan

  1. Hidup DEMOKRASI !!!!! ;)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s