Berkuah yang Menyehatkan

sup-sehat-masakIngin merasakan kenikmatan sup yang menyehatkan dan mengenyangkan? Pecinta kuliner bisa mencobanya di Depot Mie Galunggung. Depot milik Syen Syen yang buka sejak tahun 1999 ini menyediakan berbagai macam varian sup, salah satunya sup tahu jamur.

Sup yang dihidangkan dalam porsi besar ini berisi kombinasi antara sayur dan berbagai macam daging. Tahu Jepang yang akrab disebut tofu dipotong besar-besar, ada beberapa udang, bakso, irisan rempela ati, telur burung puyuh, jamur moko, jamur kuping, wortel, hingga daun prei komplit dipadu dengan kuah yang gurih.

Menurut salah satu koki Depot yang beralamat di jalan Galunggung 76C, Yudha setiawan, biasanya ada campuran jamur merang pada sup ini , namun karena akhir-akhir ini jamur tersebut susah. “Kalau menggunakan jamur merang tampilannya akan lebih menarik dan tentunya lebih menyehatkan,” ujar dia.

Kombinasi isi sup menghasilkan rasa yang bervariasi. Tofu yang dipotong besar memberikan sensasi lembut dan gurih saat digigit, kelembutah tofu akan beralih menjadi kekenyalan yang gurih saat kita menggigit bakso yang berbahan utama ayam. Rasa ayam akan diperkuat dengan aroma daun prei. Saat bakso ini dibelah maka akan tampak campuran daun prei yang diiris kasar.

Rasa kenyal dan gurih, berubah menjadi kenyal dan segar saat kita menggigit jamur kuping dan jamur moko.

Rasa gurih akan kembali naik saat kita memasukkan rempela ati dan udang kemulut kita. Untuk menetralisir rasa yang terlalu gurih disediakan acara mentimun yang memberikan sensasi rasa segar dan dingin di lidah.
Untuk menambah rasa, depot yang buka sejak pukul 7 pagi hingga 9 malam ini juga menyertakan kecap asin. Kecap ini menambah rasa segar dan sedikit asam pada kuah.

Jika pecinta kuliner ingin menambah varian isi sup tahu jamur, bisa dicoba Cayen Ayam. Bola-bola berbahan utama ayam dan kakap yang digoreng ini memiliki karakteristik seperti batagor, namun rasa gurihnya lebih kuat karena komposisi daging ayam dan kakap yang lebih banyak ketimbang tepungnya.

Sup tahu jamur yang kaya rasa ini bisa dinikmati dengan nasi hangat. Perporsinya dihargai Rp 25.000. Sedangkan Cayen ayam perporsinya dihargai Rp 22.000 berisi 15 butir bola-bola ayam kakap yang gurih.
“Cayen Ayam paling enak dimakan saat masih hangat, Cayen ayam ini cocok untuk oleh-oleh, pernah ada yang beli untuk oleh-oleh keluarganya di Singapura,” pungkas Yudha.(mp2)
(Redaksi/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s