Pendukung Sultan Deklarasikan Merti Nusantara

Puluhan budayawan dan seniman di Jawa Timur mendeklarasikan dukungannya kepada Sri Sultan Hamengkubowono X yang akan maju sebagai Calon Presiden Republik Indonesia pada Pilpres 2009 mendatang. Dukungan itu dideklarasikan dengan membentuk simpul pemenangan Sultan, Merah Putih (Merti) Nusantara.
Merti Nusantara sebagai jaringan pendukung Sultan dari kalangan budayawan, seniman dan masyarakat non partisan partai politik yang telah menyebar ke hampir seluruh Indonesia.

Deklarasi Merti Nusantara Jatim dilaksanakan di kediaman Budayawan Ki Jati Kusomo di Kota Malang, Minggu (4/12), kemarin. Hampir semua perwakilan pendukung Sultan dari Jawa-Madura hadir dalam deklarasi yang dihadiri langsung pengurus pusat Merti Nusantara itu. “Merti Nusantara bukan tim sukses Sri Sultan, tapi fasilitator para budayawan, seniman untuk mendukung Sri Sultan yang akan maju sebagai Capres pada Pemilu 2009,” kata Pengurus Pusat Merti Nusantara, Bondan Nusantara kepada Malang Post, kemarin.

Sebagai koordinator Merti Nusantara ditunjuk Ki Joko Kusumo yang akan mengkoordinir kegiatan Merti Nusantara di Jatim. Selain menunjuk koordinator Jatim, simpul-simpul Merti Nusantara juga langsung dibentuk di beberapa daerah, sesuai dengan wilayah yang telah ditentukan untuk terus disosialisasikan di masing-masing kota dan kabupaten di Jatim. “Kami berusaha menawarkan kepada bangsa. Sultan merupakan figur yang kami anggap sebagai sosok yang memiliki kepemimpinan sesuai dengan cita-cita luhur bangsa dengan segala karakteristiknya,” ujar Ki Jati Kusomo.

Ditambahkan, sosok Sultan dapat dilihat dari segala sisi baik spiritual, moralitas, cara berpikir, kesederhanaan dan keberaniannya. Semangat dan keberanian yang dilakukan dengan kesederhanaan. Dalam deklarasi itu, Merti Nusantara sepakat untuk menggunakan pendekatan kebudayaan sebagai salah satu upaya mengusung Sultan sebagai Capres dalam program kerjanya. Karena budaya tidak ada sekat, siapapun bisa masuk melalui budaya. Hal itu berbeda jika melalui partai politik yang memiliki sekat.

“Beberapa partai sudah ada mencalonkan Sultan. Kami berharap akan lebih banyak lagi partai yang akan mendukungnya. Tapi, Merti Nusantara tidak bersinggungan dengan partai politik,” ungkapnya.

Usai mendeklarisakan Merti Nusantara ditingkat Jatim akan dilanjutkan dengan mendeklarasikan Merti Nusantara di kota dan kabupaten melalui koordinator wilayah/simpul yang telah ditunjuk saat deklarasikan tingkat Jatim.

Meski belum resmi mendaftarkan diri sebagai Capres pada Pemilu 2009, pada 28 Oktober 2008 lalu menjadi momentum yang sangat penting bagi Sultan HB X, bagi rakyat Yogyakarta dan rakyat Indonesia. Sultan membuka sejarah baru dengan menegaskan dirinya siap maju menjadi Presiden 2009. (aim/udi) (Muhaimin/malangpost)

3 Komentar

Filed under Malang Raya, politik

3 responses to “Pendukung Sultan Deklarasikan Merti Nusantara

  1. Majuuu… Sultan… majukan bangsamu.

    Hai bangsa ku berpolitik lah… berpikir jernih lah dalam memilih. Tentukan lah pilihanmu
    Bila jagomu kalah hindarilah tindakan anarkis
    Semoga sukses.

  2. maju trus sultan untuk indonesia tercinta

  3. Pimpinan Pusat LKB beserta seluruh anggotanya siap mendukung sri sultan maju terus sebagai capres jangan wapres, berkibarlah benderaku sang saka merah putih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s