Pelanggaran Hak Asasi Anak di Indonesia

Hak asasi merupakan hak mendasar yang dimiliki setiap manusia semenjak dia lahir. Hak pertama yang kita miliki adalah hak untuk hidup seperti di dalam Undang Undang No. 39 tahun 1999 pasal 9 ayat (1) tentang hak asasi manusia, “Setiap orang berhak untuk hidup, mempertahankan hidup, dan meningkatkan taraf hidupnya”, ayat (2) “Setiap orang berhak hidup tenteram, aman, damai, bahagia, sejahtera, lahir dan bathin”, dan ayat (3) “Setiap orang berhak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat.”

Seiring berjalannya waktu, hak asasi manusia (HAM) mulai dilindungi oleh setiap negara. Salah satunya adalah Indonesia, hak asasi manusia (HAM) secara tegas di atur dalam Undang Undang No. 39 tahun 1999 pasal 2 tentang asas-asas dasar yang menyatakan “Negara Republik Indonesia mengakui dan menjunjung tinggi hak asasi manusia dan kebebasan dasar manusia sebagai hak yang secara kodrati melekat pada dan tidak terpisahkan dari manusia, yang harus dilindungi, dihormati, dan ditegakkan demi peningkatan martabat kemanusiaan, kesejahteraan, kebahagiaan, dan kecerdasan serta keadilan.”

Meskipun di Indonesia telah di atur Undang Undang tentang HAM, masih banyak pula pelanggaran-pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia. Pelanggaran HAM yang baru-baru ini sedang marak adalah pelanggaran hak asasi perlindungan anak. Padahal di dalamnya sudah terdapat Undang Undang yang mengatur di dalamnya, antara lain Undang Undang No. 4 tahun 1979 diatur tentang kesejahteraan anak, Undang Undang No. 23 tahun 2002 diatur tentang perlindungan anak, Undang Undang No. 3 tahun 1997 tentang pengadilan anak, Keputusan Presiden No. 36 tahun 1990 diatur tentang ratifikasi konversi hak anak.

Persoalan mungkin dapat menjadi rumit ketika seorang anak mengalami diskriminasi berlapis, yaitu seorang anak perempuan. Pertama, karena dia seorang anak dan yang kedua adalah karena dia seorang perempuan. Di kasus inilah keberadaan anak perempuan diabaikan sebagai perempuan.

Ada banyak kasus tentang pelanggaran hak atas anak. Misalnya pernikahan dini, minimnya pendidikan, perdagangan anak, penganiayaan anak dan mempekerjakan anak di bawah umur. Pernikahan dini banyak terjadi di pedesaan, 46,5% perempuan menikah sebelum mencapai 18 tahun dan 21,5% menikah sebelum mencapai 16 tahun. Survey terhadap pekerja seks komersial (PSK) di lokalisasi Doli, di Surabaya ditemukan bahwa 25% dari mereka pertama kali bekerja berumur kurang dari 18 tahun (Ruth Rosenberg, 2003).

Contoh kasus paling nyata dan paling segar adalah pernikahan yang dilakukan oleh Kyai Pujiono Cahyo Widianto atau dikenal dengan Syekh Puji dengan Lutfiana Ulfa (12 tahun). Di dalam pernikahan itu seharusnya melanggar Undang Undang perkawinan dan Undang Undang perlindungan anak.

Kasus ini juga ikut membuat Seto Mulyadi, Ketua KOMNAS Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) terjun langsung. Menurutnya perkawinan antara Syekh Puji dengan Lutfiana Ulfa melanggar tiga Undang Undang sekaligus. Pelanggaran pertama yang dilakukan Syekh Puji adalah terhadap Undang Undang No. 1 tahun 1974 tentang perkawinan. Di dalam Undang Undang tersebut disebutkan bahwa perkawinan dengan anak-anak dilarang. Pelanggaran kedua, dilakukan terhadap Undang Undang No. 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak yang melarang persetubuhan dengan anak.

Dan yang terakhir, pelanggaran yang dilakukan terkait dengan Undang Undang No. 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan. Setelah menikah, anak itu dipekerjakan dan itu seharusnya dilarang. Selain itu, seharusnya di umur Lutfiana Ulfa yang sekarang adalah masa untuk tumbuh dan berkembang, bersosialisasi, belajar, menikmati masa anak-anak dan bermain.(dari berbagai sumber/sir) (Redaksi/malangpost)

About these ads

140 Komentar

Filed under Indonesia

140 responses to “Pelanggaran Hak Asasi Anak di Indonesia

  1. rizal tawakal

    thnks ea,,,

  2. dhian

    thankz yaaa muaa nhaaaaa

  3. satya ika pradana

    mungkin syekh puji ingin terkenal. makanya kayak gitu

  4. Mikan

    thanks yooo… 0_^

  5. thxx banget dah dah bantuin ngerjain pr thxx y bGUS juga nih

  6. EaAa, cMa CmA eAaA..,,.., tRzzz-iN sEaRcH!ng EaAa,…, QrimZ tYuzz k0m3nT’a

  7. butuh tugas

    wahh mbantu bgt! thanksss! kebtulan lg ada tgas ttg hamm…mkasiihh

  8. henny anatta

    bagus :))

  9. Foolish Kid

    Aku tidak mengerti….?

  10. Foolish Kid

    Bisa lebih simple tidak?

  11. bukan pelanggar HAM

    duh kasian bgt yah si ulfa! amit2 jgn ampe’ gw kyk gt!!!!!!

  12. rendi

    ah ! masa cuma syekh puji doang sih!
    yang laen dongg

  13. BENAR TUCH MANG BLKNGAN NICHN BYK BUANGAT…KASUS2 HAM TENTANG ANAK2…PADAHALKAN MRK GX BRSLH ………

  14. Angga coy

    GOOD,GOOD,GOOD.!!!!

  15. GurRaaPii

    Thx,, tgasku akhir.a slsaii,, Makasih buanyak deh pukuk.a!! ^_^

  16. GurRaaPii

    Thx,, tgasku akhir.a slsaii,, Makasih buanyak deh pukuk.a!! ^_^ Thx bgt deh,, dh beri tawue cloe.a!!!!
    Trims..
    Trims..
    Trims..
    Trims..
    Trims..
    Trims..
    Trims..
    Trims..

  17. thank you verry much………….

  18. athirah

    assalamualaikum wr.wb

    makasih ya… saya td kebingungan cari,tapi akhirnya nemu juga…hehe

  19. andreas hendy

    tampilkan situsna dong ^_^…..

  20. andreas hendy

    tampilkan contoh** kasusnya

  21. ajeng

    thx da bantu aku ngerjain tugas :p

  22. akbar

    kok gak ada berita nya ya …………………………………………………………

  23. rynoviolita

    dapet kan makasih ya………

  24. selviyanah

    pendalaman dan pembahasan kasus lebih lanjutnya mana, biar bisa lebih di mengerti dan dipahami…
    terima kasih…

  25. dhea anggraini

    gery o’donats cup cup cup
    gery o’donats cup cup cup
    biskuit lapis coklat
    gery gery o’donats

  26. olita

    bAjUUuzzZ bUUUuaAANnNggGd

  27. Thanks eaaaa . . .
    NgebaNTU bGT nEh . .
    hehe . . :-D

  28. makasih y………

    aku jadi bisa ngerjakan tugas PKn

    SEkali Lagi tHanK`s….

  29. andiniie

    , thx ea udaakh nemu dweeh jwbanna !

  30. fitri

    .pelanggaran HAM yang lainn apa yaa ??

  31. sowan hala

    hi…hi apa kbr

  32. sowan hala

    sklh untuk anak pilihan orang tp bukan pilihan anak,

    apa termasuk pelanggaran HAM???..

  33. dara mitha

    karna ada tugas ppkn, terpaksa cari yang ini,CPD…:)

  34. uapik tenan rek-rek sampek-sampek loro atiku

  35. BADIEZZZ

    ok thank you .,.,.,; $$#%&&%

  36. tq situs nhe dah bntu w………….

  37. bagus…..bagus……bagus

  38. ali

    mungkin israel ngajkin ribut kli y,,,,,,,,,,,,m seluruh negara,,,,,,,,,,,,,,,,hehe

  39. ali

    I LOVE DIAN DAN CLLALU CAYANK,,,,,,,

  40. rindi

    contoh pelangaran hamnya itu termasuk pelangaran ham ringan, sedang atau berat?

  41. wah caliwera ktumaha
    hahahahha

  42. koming

    iy nich….jd sedih ..kan kaciannn’,

  43. novani yosinta

    thx kebetulan lg ada tgs nih membantu bgt!!!

  44. budi

    pelangar ham harus dihukum seberatberatya :)

  45. naufal and agung

    hahahahah.ateng bawwa kayu ketiban semen..
    tkhns mamen..
    tugas ane udh slesai…….

  46. hhahahahahaha…………

  47. dhecil similikiti wele-wele

    adda lghie gga brita planggaran HAM selain ittu yg pling terbru di akhr 20110 atw 2011 ini ???

    yng berhbngan dgn ekonomi,politik,dan hukum

  48. Mewah Inayah

    mmm….bagus

  49. the darkness princess

    keren artikelnya._.

  50. ananda zulfia

    mksih . . .
    Akhirnya pr q selesai juga . . .
    Tapi berita nya kurang perfect . . .
    Tapi gak apa yang pnting pr siap . . .

  51. ganngga

    thanks untuk infonya tapi cayang aya udah punya tuhhh..,.,..,.,.,.,.,.,…!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  52. wah mmbantu nih makasi ych aln.a ad tugas

  53. wah ? aseeek , tugas PKn TERSELESAIKAN !
    thank’s banyak :D

  54. bima

    hahahahha mmpus lo anak” smuanya hahahahahaha…….

  55. DAST

    thank you for the information, it is very useful for our task. once again we say thank you ┐(‘⌣’┐) ┐(‘⌣’)┌ (┌’⌣’┐) ┐(‘⌣’)┌ (┌’⌣’)┌

  56. di harapkan dunia bisa berubah.,.,.

  57. semua yang gw cari ada semua(lengkap)
    kerenz

  58. AKU ANAK NEGERIKU

    Kasihan anak2. Tak berdosa, Tetapi masuk ke dalam BUI. Tak bersalah, dapat siksa.

  59. Poetri nax freeyourk

    Gagh Jelas beudh .

  60. jisroh hisnah

    ih ngeri banget tpi nambah ilmu
    hhe

  61. knp pmerintah tidak melihat orang yg miskinyg tidak punya daya apa apa bgimana dgn negra ini apakh pmerintah peduli dengan masyrakat nya?

  62. apaaan arrtikel ni kurang banyak halaman’a
    anehhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

  63. semoga temanteman saya tidak melanggar HAM..

    keluarga saya juga..

    dukung ya !
    caranya..
    Ketik REG HAM kirim ke tetangga saya ..

  64. Justin Bieber

    I don’t know what they mean, Sorry.

  65. Justin Bieber

    Hey, Who is Ulfa?
    I don’t know who is she.

  66. Anak 7C

    AAAAA aku tidak mengerti!!!!!

  67. Prikitiew

    Contoh pelanggaran HAM itu apa aja ?

  68. kiekie

    apabae? ga ngerti gua-____-

  69. team xxx4 pro street (maulana)

    orang yg selalu belajar apapun yg dia dpt dan menghargai pelajaran itu dia adalah orang yg tangguh

  70. diky

    wah emang bener kayak gitu

  71. eeee gambar yang mana yach . he he he ehe gak nampak tuwwwwchhh.

  72. bingung???????????????????/

  73. kpn indonesia bebas dri politik????????????????

  74. kpn indonesia bebes politik???????????????
    kpn aku dpt cinta yang setia…………….
    indonesia kpn senng””””””””””””””””””””””””

  75. Clara diana wanti

    iya,, btul btul btul

  76. yusuf

    israel ngajakin berantem ya ma palestin kaciaan kali padahal israel dilindungi allah swt insya allah

  77. Robi OsSaCi

    ,makasiih ea uatt tcmua’a akhir nya tgas aku bizca slesaii jgga !!
    ,thanx buanqeudtt !!

  78. koplak

    thx ya gua bisa ngerjain tugas

  79. congok

    te go oleh” yow
    lek tugas kok gk

  80. Ping-balik: HAK ANAK | KIKIZONE

  81. inneL (Leni)

    pelanggaran ham bnyak d.indonesia..

  82. inneL (Leni)

    Makasi ea..
    berkat situs ini saya bisa ngerjain tugas..
    :-)

  83. Basuki

    Banyak kasus yang terjadi atas pelanggaran hak asasi anak,
    Kasus Syekh Puji merupakan salah satu contoh, tapi ini juga karena terpaksa dikarenakan factor ekonomi, Indonesia adalah Negara yang masih tertatih-tatih untuk berkembang, ekonomi yang tidak merata dan pembangunan sarana pendidikan yang belum merata pula. Pemerintah hendaknya melek terhadap hal ini.
    Syekh puji tidak bisa disalahkan sepenuhnya, setidaknya dia menikahinya, bukan zina.

  84. eka prista armalia

    anak jga pnya HAM
    \

  85. enciss

    thx bwt infonya

  86. Thankzz Ea Udh Bntuin bKin Tugas’Q,,
    Cmn Ngga ad gambarx Sihh.. :(

  87. arif

    trimmmmmmmmm…………..yaaaaaaaaaa……..

  88. Athifah Nur'aini

    Ikh Tega

  89. sandy pramuja

    mending dinikahi syekh puji dari pada jadi anak terlantar dijalanan karena faktor ekonomi…..!!!aq sich lebih tertarik memperhatikan uu hukum diindonesia.dan tentang kekayaan negara indonesia yang melimpah ruah.itupun jauh lebih penting untuk dibahas WNI.

  90. Chiy Ladiez unyu unyu

    makasih yyy
    brkat situs niech.,,,,sya bsa ngerjakan tugas

  91. mksih yach …
    berkat situs web ini saya bisa ngerjain tugas

  92. ibnu chasan

    baguzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz

  93. THANK’S YA

    dah bantuin gua ngerjain pr…

  94. nurul

    ga ad gambarnya,,,,,
    ga seru ahh,,

  95. ada gambarnya la pr ku ne harus ada gambar

  96. mmm……………..gak ada gmbar nya bosan dan kasih gambarya!!!!!!!!!

  97. sisi putri ningsih

    gak jelas mana beritanya

  98. CAH GAUEL

    gak adil………….

  99. aku ga mudeng ….
    aneh…..
    hihihi

  100. rizky

    ini bisa di pake gk ya??

  101. YOX REZ

    Thanx.. :) for All

  102. marezal akbar putra

    Thanx…. Pas Ncari tugas Hehehehehe :D

  103. kim maurer :D

    aiis … mana gambar nya tu … tugas ku disuruh pake gmbar

  104. Saida

    Tapi bukankah d Indonesia hukum Islam berlaku dan termasuk hukum positif?? Dalam Islam tidak diatur usia untuk melangsungkan pernikahan,asalkan syarat dan rukunx terpenuhi,maka pernikahan tersebut sah….Lgipula pernikahan tersebut kan tidak mengandung unsur paksaan.Yg jdi msalah adlah UU perkawinan No.1 thun 1974,tpi bukankah membina rumah tangga itu adalah termasuk hak asasi manusia?!

  105. Dinda

    thanks dah membantuku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s