Jelang Pemilu Order Percetakan Naik Drastis

Kesibukan di Calpa Advertising (Lailatul Rosida/Malang Post)

Kesibukan di Calpa Advertising (Lailatul Rosida/Malang Post)


Menjelang Pemilu rupanya membawa berkah bagi bisnis percetakan. Seperti dialami Calpa Advertising. Sejak musim kampanye para calon legislatif (caleg), bisnis ini pun banjir order. Paling tidak peningkatannya mencapai dua kali lipat dibandingkan hari biasa.

Menurut Owner Calpa, Mahmuda, untuk lebih menarik minat para caleg mereka memasang strategi khusus. Salah satunya dengan harga promo khusus bagi partai. “Harga sengaja kami buat lebih murah khusus untuk partai. Bahkan untuk promo harga pun berani kami turunkan,” ungkapnya.

Uda, panggilan akrab Mahmuda menuturkan meski bisnis saat ini tengah ramai namun belum mencapai puncaknya. Diprediksikan keramaian akan sangat terasa pada Februari mendatang. Sementara media yang paling banyak dipergunakan untuk promosi para caleg adalah banner. Media ini dirasakan cukup efektif untuk memperkenalkan diri masing-masing caleg hingga ke kampung-kampung. Dan tren saat ini biasanya dalam banner dicantumkan pula foto diri caleg dan didesain sebagus mungkin. Pemesanan lain yang juga cukup banyak adalah pada kartu nama, kalender, banner dan kaos. Juga baliho ukuran besar. Untuk urusan desain, Calpa sebenarnya sudah menyiapkan tenaga di bidang desain ini. Tapi tidak menutup kemungkinan bagi yang sudah memiliki ide desian sendiri untuk mendesain jenis pesanannya.

“Harga pemesanan plus desain berbeda dengan harga tanpa desain. Tapi tentu harga dengan jasa desain juga tidak terlalu mahal,” ungkapnya.

Selain cetak dalam bentuk Baliho, pemesanan terbanyak adalah dalam bentuk kartu nama. Sementara bendera maupun atribut kaos belum banyak dipesan saat ini. Dengan teknik digital printing, layanan yang mereka berikan bisa diselesaikan dalam waktu yang cepat. Dalam sehari bisa melayani hingga 300 buah. Tergantung dari ukuran dan juga jenis pemesanan.

Diakui Uda, bisnis di bidang percetakan memang cukup ketat persaingannya di Malang. Karena itu sebagai pemain baru mereka pun memasang tarif yang kompetitif. Selain itu juga terus menjaga kualitas layanan sehingga memuaskan konsumen. Layanan tepat waktu juga menjadi andalan mereka.

Selain ramai di musim pencalegan, bisnis yang digelutinya itu juga cukup memberikan keuntungan saat musim pernikahan. Biasanya banyak yang memesan undangan, juga fasilitas cetak digital di atas kain, plastik maupun foto. Selain itu musim pendaftaran sekolah dan juga kelulusan sekolah juga menjadi masa panen mereka. (oci/han) (Lailatul Rosida/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under politik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s