PKK Data Anak Tak Sekolah

Dewanti Rumpoko saat menyerahkan beasiswa kepada siswa tak mampu, kemarin. (Vandri Van Battu/Malang Post)

Dewanti Rumpoko saat menyerahkan beasiswa kepada siswa tak mampu, kemarin. (Vandri Van Battu/Malang Post)


Jumlah anak usia sekolah yang tidak sekolah di Kota Batu akan didata Tim Penggerak (TP) PKK Kota Batu. Agar mulai tahun ini mereka mengenyam ilmu pengetahuan dibangku sekolah. Tahun ini juga, PKK Kota Batu memfokuskan gerakannya di bidang Kesehatan.

Ketua TP PKK Kota Batu Dewanti Rumpoko mengatakan untuk pendataan anak tidak sekolah, pihaknya segera berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan. “Kami mendukung program Dinas Pendidikan. Kami koordinasi dengan Dinas Pendidikan, sehingga yang belum ter-cover oleh Dinas Pendidikan dapat didata dan dipetakan oleh PKK,” jelas Dewanti usai peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 63, Hari Ibu ke 80 dan HUT Dharma Wanita Persatuan di balai kota Batu, kemarin.

Dijelaskannya, pemetaan dan pendataan anak yang tidak sekolah diusia sekolah dilakukan sampai kelompok masyarakat paling bawah. Pemetaan ini bisa dilakukan karena kata Dewanti, PKK terbentuk hingga dasa wisma. Yakni kelompok 10 kepala keluarga di setiap RT.

Setelah memetakan dan mendata, akan diketahui alasan anak usia sekolah tidak bersekolah. Bila sudah mengetahui alasannya, PKK ikut membantu memberikan solusi konkret.

“Kalau membutuhkan biaya untuk seragam, buku dan kebutuhan sekolah akan dibantu. Juga kalau membutuhkan biaya pendidikan, akan dibantu dengan memberikan beasiswa,” kata akademisi yang juga istri wali kota Batu ini.

Selain bidang pendidikan, lanjut Dewanti, tahun ini PKK juga lebih fokus pada bidang pelayanan kesehatan. Terutama kata dia, kesehatan ibu hamil hingga pasca melahirkan.”Tujuannya agar bayi yang dilahirkan sehat,” jelasnya.

Bagi ibu yang melahirkan diberikan pendidikan tentang pentingnya ASI dan makanan bergizi. Dengan demikian, kata Dewanti, bayi tumbuh menjadi generasi yang sehat dan pintar.

Sementara itu, kemarin sejumlah anak tak mampu dari tiga kecamatan di Batu mendapat beasiswa dari TP PKK Kota Batu. Beasiswa yang diserahkan langsung oleh Dewanti Rumpoko itu berupa uang sebesar Rp 400 Ribu untuk siswa SD dan Rp 500 Ribu untuk siswa SMP. (van/eno) (Vandri van Battu/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Batu, Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s