Antisipasi Bencana, PMI Tambah 2 Tim Penanggulangan

Mudji Utomo (agp/mp)

Mudji Utomo (agp/mp)

Kondisi cuaca yang buruk dan rawan bencana di Kabupaten Malang membuat PMI Cabang Kabupaten Malang, memutar otak untuk mengantisipasinya. Salah satunya dengan membentuk tim Penanggulangan Bencana (PB) berbasis masyarakat.

Ada dua tim PB yang kemarin resmi dibentuk oleh PMI Cabang Kabupaten Malang. Yakni tim PB Kecamatan Ngantang dan Kecamatan Kasembon. Setiap tim PB beranggotakan sekitar 20 orang dari unsure karang taruna dan warga umum di masing-masing Kecamatan.

“Pembentukan tim PB itu nantinya akan dibuka pengurus PMI Daerah Jawa Timur, Soebagyo,” ungkap Kabag PB PMI Cabang Kabupaten Malang, Mudji Utomo.

Menurut Mudji, sebelum dinobatkan menjadi tim PB calon tim PB dari Kecamatan Ngantang dan Kasembon akan diberi pengetahuan tentang Palang Merah. Yaitu meliputi, pasang bongkar tenda dapur umum dan pemberian pertolongan pertama pada korban bencana alam.

“Harapannya, yaitu bila sewaktu-waktu terjadi bencana alam di wilayah Kecamatan Kasembon atau Ngantang, seperti banjir, tanah longsor dan letusan gunung, mereka bisa langsung bertindak tanpa harus menunggu kami (PMI Kabupaten Malang),” terangnya.

Ditambahkannya, sebelumnya PMI Cabang Kabupaten Malang, sudah pernah membentuk tim PB. Yaitu tim PB di Desa Pujiharjo dan Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kecamatan Poncokusumo dan Kecamatan Lawang.

“Dan rencananya untuk program tahun ini, setelah pembentukan tim PB di Kecamatan Ngantang dan Kasembon, akan membentuk tim PB lagi di Kecamatan Bantur, Ampelgading, Donomulyo dan Dampit, yang terindikasi rawan bencana alam,” jelasnya.(agp/eno) (Agung Priyo/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Kabupaten Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s