Mayoritas Perusahaan Belum Terapkan UMK

Sudah hampir setengah tahun berjalan, Dinas Pemuda, Olah raga, Sosial dan Tenaga Kerja baru memonitor pemberlakuan UMK di delapan perusahaan. Padahal dari 167 perusahaan yang ada di Kota Batu, SBSI memperkirakan masih 80 persen pengusaha yang membayar gaji buruh sesuai UMK 2009.
Kabid Tenaga Kerja, Dinas Pemuda, Olahraga, Sosial dan Pemuda, Mustika Tedjaningrum mengakui baru memantau penerapkan UMK di delapan perusahaan dari 167 perusahaan.

Alasannya kata Mustika, selain pemantauan dilakukan secara bertahap, pihaknya terkendala petugas. Namun demikian, dia memastikan akan melakukan pemantauan disemua perusahaan.

Dipaparkan bahwa jumlah buruh yang bekerja di 167 perusahaan berkategori mulai dari perusahaan kecil hingga besar sebanyak 5531 orang. Jumlah ini tersebar di berbagai wilayah kota apel itu.

Berdasarkan catatan Bidang Tenaga Kerja, sejak UMK 2009 sebesar Rp 879 ribu, hanya satu perusahaan saja yang mengajukan penangguhan. Itu pun bukan perusahaan murni, tapi sebuah yayasan.

Ketua SPSI Kota Batu, Purtomo yang dihubungi terpisah mengatakan, 80 perusahaan di Batu belum membayar gaji karyawan sesuai UMK. Dari jumlah ini kata Purtomo, perusahaan dibidang pariwisata seperti perhotelan tercatat sebagai perusahaan yang membayar karyawan tidak sesuai UMK. “Melihat kondisi ini, seharusnya ada pemantauan secara rutin dan pembinaan kepada pengusaha agar membayar gaji sesuai UMK,” kata Purtomo.
Ia lantas mencontohkan kondisi sistem pengupahan di usaha perhotelan. Jumlah pendapatan karyawan memang sesuai UMK, tapi hal itu bukan dari gaji pokok setiap bulannya.

“Biasanya sesuai banyaknya tamu. Kalau banyak tamu yang menginap maka karyawan akan mendapat bonus atau tips. Hal ini membuat pendapatan secara keseluruhan lebih dari UMK. Mestinya tidak begitu, karena gaji sesuai UMK dihitung dari gaji pokok,” pungkasnya. (van/nug/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s