Awas Koperasi Fiktif

Sekitar 25 persen dari 130 koperasi di Kota Batu belum menyerahkan laporan keuangan tahun lalu. Akibatnya sampai saat ini belum diketahui kondisi dan perkembangan koperasi yang memberdayakan perekonomian warga.
Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian Kota Batu, Koeswardiyoko, kemarin mengatakan, 25 persen koperasi itu tersebar merata di seluruh wilayah Kota Batu. Jenis usahanya pun hampir sama yakni simpan pinjam.

“Kami segera meminta koperasi menyerahkan laporan keuangannya. Ya diusahakan dalam waktu dekat ini,” katanya kepada Malang Post kemarin.

Laporan keuangan tahunan itu memang sifatnya tembusan, namun penting untuk mengetahui keberadaan dan perkembangan aktifitas koperasi. “Sehingga bisa melakukan pembinaan berdasarkan kodisi masing-masing koperasi,” tandas mantan Kepala Bakesbanglinmas Kota Batu ini.

Dia menduga ada dua kemungkinan penyebab koperasi belum menyerahkan laporan keuangan. Yakni karena belum maksimal membuat laporan keuangan dan bisa juga belum membuat laporan. Laporan keuangan koperasi juga untuk mendeteksi koperasi papan nama. Yakni koperasi yang hanya nama tapi tidak ada aktifitas. Selain itu juga menghindari adanya koperasi fiktif.

Soal koperasi fiktif sampai saat ini belum terdeteksi di Kota Batu. Warga pun belum pernah mengeluh atau mengadukan dirugikan karena adanya koperasi fiktif di wilayah kota apel itu. Namun demikian antisipasi tetap dilakukan sehingga warga tidak jadi korban.

Lebih lanjut dia menjelaskan, pembinaan koperasi di Kota Batu akan terus dilakukan. Tujuannya agar sistem dan pengelolaan koperasi tetap sehat. “Untuk perkembangan koperasi tentu menjadi salah satu perhatian,” katanya.

Pembinaan koperasi akan dilakukan lebih maksimal lagi. Pembinaan lain mencakup konsultasi pengembangan usaha sekaligus penguatan sumber daya manusia pengelola koperasi.(van/nug/malangpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Batu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s