Pemasangan 504 PJU Batu Ditunda Tahun Depan

Rencana Pemerintah kota Batu memasang 504 penerangan jalan umum (PJU) baru di seluruh wilayah kota Batu dalam tahun ini tertunda hingga tahun depan. Namun, kendati tertunda, kawasan Payung menjadi salah satu prioritas pemasangan PJU.

Koordinator Paguyuban Jagung Bakar Puncak Songgoriti, Abdus Somad mengatakan, untuk pemasangan PJU, kawasan Payung memang harus menjadi salah satu prioritas utama. Sebab, saat ini jumlah PJU di kawasan wisata itu masih kurang. “Saat ini jumlah PJU yang ada di Payung sekitar 24 titik. Dibutuhkan lebih dari jumlah yang ada saat ini sehingga kawasan Payung lebih terang di malam hari,” ujarnya, kemarin.

Jika sudah terpasang PJU baru, lanjut Somad, kawasan wisata Payung akan lebih nyaman bagi pengunjungnya. Kawasan itu akan jauh dari kesan negatif seperti ‘mobil goyang’ hingga tindak kejahatan.

Selain itu, jika sudah terpasang PJU baru, pengunjung akan lebih nyaman. Pedagang di kawasan Payung mendapat keuntungan yang lebih banyak lantaran banyaknya pengunjung dikawasan itu.

Untuk diketahui, kawasan Payung dengan jurang yang dimilikinya ternyata tidak hanya mengundang wisatawan saja. Tapi, juga mengundang tindak kejahatan, yakni jadi lokasi pembuangan mayat seperti yang baru saja terjadi pada Selasa (28/7) pekan lalu.

Sementara itu, Kadis Cipta Karya dan Tata Ruang, Susetya Herawan mengatakan, pemasangan PJU tahun depan memprioritaskan kawasan Payung. “Tahun ini menyelesaikan kajiannya. Tahun depan baru direalisasi,” jelasnya.

Lebih lanjut Susetya menjelaskan, pemasangan PJU memprioritaskan seluruh kawasan di Batu yang membutuhkan penerangan umum. Selain kawasan PJU, sejumlah lokasi lain seperti Jalan Raya Beji hingga Pendem juga diperhatikan pemasangan PJU baru.

Beberapa waktu lalu, Polres Batu mengusulkan pemasangan penerangan umum di kawasan itu. Pemasangan PJU dengan kapasitas lampu yang lebih terang bertujuan untuk mengurangi kerawanan kecelakaan. Sebenarnya kawasan Jalan Raya Beji sudah terdapat PJU, hanya saja belum terang benderang. (van/udi/mpost)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Batu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s