Jalin Hubungan Baik dengan Relasi

Yuli Indrayani

Yuli Indrayani

Tak semua orang suka dan cocok bergelut di dunia perhotelan dan resto. Namun hal ini tidak berlaku bagi Yuli Indrayani. Marketing Executive Waroeng Ba-Be Restotainment ini sudah belasan tahun bergelut dengan dunia perhotelan dan resto, baik di Kota Surabaya maupun Kota Malang.

Sejak pertama kali lulus dari D3 Pariwisata Unmer Malang, pemilik nama panggilan Yuli ini tak pernah jauh-jauh dari pekerjaan di sektor perhotelan dan resto. Ia sangat menyukai dunia kerjanya ini karena bisa mendatangkan banyak relasi dan bertemu dengan orang-orang baru dari berbagai latar belakang.

“Yang membuat saya betah menjalani pekerjaan di dunia perhotelan dan resto hingga lebih dari 10 tahun karena bisa bertemu dengan banyak orang dari berbagai background dan menjalin hubungan baik. Bahkan dengan profesi seperti ini, saya bisa sangat akrab dengan orang-orang penting, padahal saya tidak pernah bertemu langsung dengan mereka,” ujar Yuli tentang alasan menyukai dunia kerjanya.

Hubungan baik dengan relasi ini, menurut anak pertama dari dua bersaudara itu, wajib dijaga terus meskipun berpindah-pindah tempat kerja. Sebab relasi yang telah dikenal baik, nantinya bisa diprospek untuk menjadi pelanggan di tempat kerjanya yang baru. Sehingga ketika dirinya harus berpindah tempat kerja, ia tidak perlu bersusah payah untuk mencari pelanggan baru lagi.

Selain bisa bertemu dengan orang-orang baru dan menjalin hubungan baik. Yuli menyukai pekerjaan sebagai marketing resto karena bisa bekerja di lapangan. Ia memang merasa lebih enjoy bekerja di luar ruangan daripada berada di belakang layar. Jika terlalu lama hanya berada di dalam ruangan, Yuli beranggapan, pikirannya tidak bisa berkembang.

“Siapa yang bisa tahan kalau bekerja hanya berhadapan dengan empat sisi tembok? Makanya, setiap hari saya selalu turun langsung ke lapangan. Ke kantor hanya untuk membuat laporan,” sambungnya.

Pekerjaan sebagai seorang marketing resto yang saat ini sedang dijalaninya itu juga menuntut Yuli berpikir lebih kreatif. Tidak hanya mengandalkan menu-menu yang sudah tersedia di resto tempatnya bekerja, tetapi wanita yang merayakan ulang tahun setiap tanggal 1 Juli ini juga harus menawarkan sesuatu yang baru untuk pelanggannya. Karena itulah, Yuli selalu berusaha untuk menggelar even-even yang dapat menarik lebih banyak pelanggan.

Melihat segmen anak muda yang cukup menjanjikan, wanita yang berdomisili di Sawojajar ini tertarik untuk membidik pasar tersebut. Karena itu, ia sedang menggodok konsep untuk membuat acara anak muda di resto tempatnya bekerja. (nda/han/mpost)

2 Komentar

Filed under Pariwisata

2 responses to “Jalin Hubungan Baik dengan Relasi

  1. Ass…
    ibu saya setuju dengan apa yang telah ibu paparkan,namun saya mau bertanya,apa kiat2 ibu untuk menjadi seorang marketing yang mungkin bisa di katakan sangat sukses seperti ini.Jujur saya juga baru mulai menggeluti dunia perhotelan dan tepatnya saya adalah seorang marketing di sebuah hotel di jayapura,saya mohon bimbingannya…..thank you

  2. Lia

    Ass….
    ibu saya tertarik dengan apa yang ibu tulis, didunia perhotelan saya termasuk orang baru bahkan latar belakang pendidikan saya bukan perhotelan. saya bekerja sebagai marketing disalah satu hotel bintang 3 di Makassar (SulSel). saya sangat bingung bagaimana langkah-langkah untuk memasarkan dan memperkenalkan hotel tempat saya bekerja ke orang lain (menarik relasi). saya sangat mengharapkan bimbingan dari ibu… terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s