Nelayan Tuntut Pemkot Tangkap Kapal Trawl Malaysia

Sedikitnya seratus warga yang menamakan diri Persatuan Nelayan Kecil (PNK) beraksi di halaman DPRD Tarakan kemarin (22/12). Mereka menuntut pemerintah untuk menjaga ketat wilayah perairan dari aksi penjarahan ikan oleh kapal-kapal trawl asal Malaysia.

Bukan hanya nelayan Kota Tarakan, nelayan asal Bunyu, Tanjung Selor, dan Bulungan juga ikut dalam aksi tersebut. Mereka mengajukan empat tuntutan yang disampaikan Ketua PNK Rustam di hadapan anggota DPRD Sabar Santuso dan Kabagops Polres Tarakan Kompol Bahril.

Mereka mendesak pemerintah untuk merealisasikan tuntutan tersebut dalam 15 hari sejak kemarin. “Selama ini nelayan terganggu kapal-kapal trawl Malaysia. Sama sekali tidak ada perhatian pemerintah kepada nelayan,” kata Rustam.

Menanggapi itu, Bahril menyatakan bahwa polisi bersama DPRD, Lanal Tarakan, dinas perhubungan, serta dinas kelautan dan perikanan segera membentuk tim untuk menangani tuntutan tersebut. “Kami harap, masyarakat tidak bertindak sendiri. Percayakan kepada kami,” kata dia.

Sabar dari Komisi II DPRD Tarakan menimpali, komitmen polres itu diharapkan menjawab tuntutan masyarakat. “Mudah-mudahan tim itu segera terbentuk dan dapat memenuhi tuntutan masyarakat. Kami akan memantau tim itu,” katanya.

Salah satu tuntutan para nelayan itu, pemerintah tidak menerbitkan izin untuk perusahaan yang bekerja sama dengan “tauke” Malaysia dalam mengoperasikan kapal trawl di perairan utara Kaltim, khususnya Tarakan. Mereka juga menuntut pemerintah untuk mencabut izin kapal trawl Malaysia yang beroperasi saat ini.

Sementara itu, Wali Kota Tarakan H Udin Hianggio menyatakan memahami keluhan para nelayan tersebut, termasuk minimnya pendapatan mereka akibat masuknya kapal trawl Malaysia di perairan Tarakan. Ditegaskan, ada batas wilayah antara Tarakan dan daerah tetangga. “Mari kita kembalikan kepada aturan,” ajak dia.

Soal isu pengavlingan wilayah tangkap ikan di laut, wali kota meminta agar nelayan Tarakan tidak ikut-ikutan. Sebab, jika nelayan Tarakan melarang nelayan daerah lain mencari ikan di Tarakan, hal serupa bisa dilakukan nelayan lain terhadap nelayan Tarakan. (ash/ddq/jpnn/c13/soe)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s