PT KKA Kurang Ideal, Semen Gresik Ragu Akuisisi

Rencana PT Semen Gresik (Persero) Tbk melakukan ekspansi jaringan usaha dengan mengakuisisi pabrik kertas PT Kertas Kraft Aceh (Persero) akan ditinjau lagi. Hal itu terkait dengan kondisi PT Kertas Kraft Aceh (KKA) yang jauh dari ideal sehingga ada potensi masalah jika akuisisi dipaksakan.

Sekretaris Perusahaan Semen Gresik Sunardi Prionomurti menyatakan, tim Semen Gresik sudah melihat langsung kondisi KKA. Hasilnya, banyak faktor yang membuat KKA sulit dikembangkan lagi, termasuk ketersediaan bahan bakar gas, sumber bahan baku, serta sarana produksi pabrik kertas tersebut. “Hutan untuk bahan baku juga sudah tidak ada. Jadi, memang sulit jika dilanjutkan,” ungkapnya dalam pertemuan akhir tahun dengan media di Gresik kemarin.

Bagaimana persetujuan menteri BUMN? Sunardi menegaskan, saat ini pihaknya tidak tahu langsung soal persetujuan itu. Namun, sebagai perusahaan publik dan BUMN, Semen Gresik akan berhati-hati dalam melakukan aksi korporasi. Dengan begitu, kepentingan pemegang saham akan diprioritaskan. “Sebagai perusahaan terbuka, rencana semacam itu tentu harus dipersiapkan secara matang dan dibawa dulu ke pertemuan pemegang saham sebelum disampaikan ke publik. Jadi, memang saat ini (aksi akuisisi) belum ada,” tegasnya.

Diakui Sunardi, Semen Gresik juga berkepentingan dengan produk kertas KKA. Sebab, sebagian kemasan Semen Gresik juga dibeli dari KKA.

“Karena itu, kami kaji, apakah yang paling menguntungkan itu mengakuisisi, menyertakan modal, atau membeli produknya saja. Itu semua masih dalam perenungan,” ujarnya.

Kabar akuisisi KKA oleh Semen Gresik mencuat awal bulan lalu. Saat itu Direktur Utama Dwi Soetipjto mengemukakan bahwa pihaknya tengah mempertimbangkan masuk ke KKA dengan nilai akuisisi hingga Rp 800 miliar. Namun, lanjut dia, rencana akuisisi masih terus dikaji oleh perseroan.

Jika Semen Gresik dapat berinvestasi di KKA, dampaknya positif bagi perusahaan karena bisa memperkuat rantai pasokan (supply chain) perusahaan. Sejauh ini, KKA mampu memproduksi kertas kraft untuk pembungkus semen hingga 135.000 ton per tahun. (aan/c11/kim/jpnn)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s