Adaptif di Tahun Naga

Oleh Rhenald Kasali

Banyak orang mengingatkan bahwa naga (dragon) merupakan makhluk yang dalam mitologi Tiongkok dikenal sebagai binatang yang bergerak random, namun karakternya adalah penuh kebaikan dan sangat bertenaga. Ia menjadi lambang keagungan, kelincahan, kebajikan, sekaligus kecerdasan.

Di Tiongkok, masuknya tahun naga disambut dengan sejuta kegelisahan dan harapan. Tahunnya bersimbol bagus, keadaan usaha di akhir 2011 masih sangat bagus, bahkan penjualan retail di Tiongkok masih naik 18 persen, tetapi para pengendali ekonomi di sana sudah melihat terjadi perlambatan pertumbuhan ekonomi. Rakyat Tiongkok sudah diwanti-wanti bahwa industri tekstil, sepatu, dan produksi untuk tujuan ekspor akan turun. Bahkan, sudah ada yang tutup, namun diduga, dengan ramainya orang tua yang ingin punya anak bershio naga, industri mainan anak-anak akan berjaya.

Sementara di Indonesia, kebanyakan pengusaha masih belum merasakan perubahan apa-apa selain kemajuan dan kemajuan. Namun, tipu-tipuan tetap marak, tetapi mereka masih bisa tumbuh. Apa yang harus dilakukan?

Tahun Kerja Keras

Kendati banyak empu fengsui yang mengatakan tahun naga adalah tahun keberuntungan, saya melihat tahun ini sebagai tahun kerja keras. Tiga atribut mencuat dari berbagai kajian, yaitu karismatis, kreativitas, dan komitmen.

Karismatis berarti naga senang dipimpin oleh pemimpin yang memiliki kualitas diri yang atraktif, bahkan cenderung flamboyan. Artinya, bertindak di luar norma atau bisnis yang agak lain sedikit boleh-boleh saja, asal disertai kepemimpinan yang menawan dan tulus. Banyak orang mencoba menjadi flamboyan, tetapi tidak tulus sehingga terjungkal oleh ulahnya sendiri.

Sosok naga, konon menurut sejumlah literatur, senang dengan usaha-usaha atau profesi yang mampu menunjukkan kreativitas-kreativitas tertentu. Maka, menjadi artis, komedian, pembuat iklan, pencerita, arsitek, broker, salesman dan marketing, serta inventor dan seterusnya akan baik di tahun naga. Kreativitas adalah modal penting bagi siapa saja yang hidup di era krisis atau perubahan.

Naga, konon juga, menyukai siapa saja yang memesona, menggoda, dan menarik. Sekali sudah menemukan mitra yang tepat, mereka akan komit seumur hidup.

Namun, tiga kualitas di atas hanya bisa hidup kalau seseorang mau bekerja keras. Jadi, bukan seorang pemimpin keberuntungan semata yang bisa menjadi sahabat naga, melainkan mereka yang mau bekerja keras. Naga sudah lama menghadapi masa-masa yang berat, kini ia ingin menikmati hasilnya. Begitu menurut literatur yang saya pelajari. Anda boleh percaya atau tidak, tetapi saya bisa beri beberapa tip dari perubahan-perubahan besar yang terjadi di Cracking Zone (yang ini empiris dan akademis tentunya) yang makin mengguncang dua tahun terakhir ini.

Pertama, kalaupun tahun naga berarti tahun kerja keras, komitmen, kreativitas, dan karisma naga yang Anda hadapi adalah naga air yang bisa mengubah fondasi di mana Anda berdiri. Maka, kemampuan mengubah diri menjadi lebih adaptif, berpikir cepat untuk merespons bahaya-bahaya yang muncul, sangat dibutuhkan dunia usaha.

Kedua, dan saya kira ini ada benarnya, berdasar literatur-literatur yang saya pelajari, para ahli sepakat tahun naga harus diisi dengan banyak konsensus. Mereka yang senang membuat konflik akan kena batunya kalau terus bertahan membuat ulah. Inilah saatnya membangun sebuah kekuatan baru dengan menghubungkan dan menyatukan semua resources yang tersebar, melakukan kompromi-kompromi, dan melihat sisi pandang orang lain dengan lebih terbuka.

Mengapa demikian? Jawabnya adalah Asia sudah menikmati pertumbuhan ekonomi yang panjang. Dana-dana internasional masih akan terus mengalir, namun di sini lain dunia ini tengah mengalami pancaroba iklim yang luar biasa. Ekonomi di belahan dunia Barat pun mulai memudar. Ada ketidakpastian besar dalam perdagangan global, tetapi semua itu menandakan, dunia ini tengah menanti cara-cara baru, produk-produk baru, dan manusia-manusia baru untuk memperbaiki dan mempelajarinya.

Selamat berkarya.

Gong Xi Fa Cai

[JawaPos 23/01/12]

Tinggalkan komentar

Filed under Ekonomi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s