70 Persen SDM PT Dirgantara Indonesia Jelang Pensiun

PT Dirgantara Indonesia (DI) sedang menghadapi permasalahan sumber daya manusia (SDM). Pada 2014, sekitar 70 persen SDM yang saat ini bekerja di PT DI harus pensiun. Karena itu, salah satu industri strategis nasional tersebut harus cepat melakukan regenerasi.

Direktur Umum dan SDM PT DI Sukatwikanto menyatakan, kinerja perusahaan yang belum terlalu baik membuat mereka sulit untuk melakukan regenerasi. Dia menjelaskan, seorang engineer butuh total lima tahun praktik untuk akhirnya bisa fasih memproduksi komponen atau merakit pesawat. “Padahal, proyek-proyek kami tak begitu banyak,” ungkap Sukatwikanto saat berkunjung ke redaksi Jawa Pos kemarin (14/6).

Kondisi semakin mengkhawatirkan karena banyak ahli mesin PT DI yang mencapai usia senja. “Di catatan kami, ada sekitar 70 persen yang pensiun pada 2014,” sebut Sukatwikanto. Dalam aturan perusahaan, mendekati pensiun, karyawan harus dijadikan tenaga supervisi. “Usia pensiun karyawan kami 55 tahun. Tapi, umur 52-53 tahun mereka hanya mengawasi karena faktor usia dan mata,” ujarnya.

Dari sisi eksternal, banyak tawaran dari produsen pesawat di luar negeri yang membuat karyawan PT DI akhirnya keluar. “Kualitas SDM Indonesia sangat bagus. Mereka sering kali ditawari pekerjaan oleh perusahaan asing,” papar Sukatwikanto. Yang membuat mereka tergiur, lanjut dia, tentu saja gaji dan fasilitas yang jauh lebih tinggi Apalagi, usia pensiun di perusahaan luar negeri rata-rata 65 tahun. “Bagaimana mereka nggak tergiur?” ujarnya.

Menurut Sukatwikanto, salah satu cara agar tenaga ahli di PT DI segera mendapat pengganti adalah memacu kinerja perusahaan yang didirikan B.J. Habibie itu. PT DI kini sedang menyelesaikan order Kementerian Pertahanan untuk memodifikasi pesawat Airbus C212 menjadi pesawat sipil. Selain itu, PT DI mengerjakan 16 pesawat CN 285 pesanan Korea Selatan. “Dengan meningkatnya pendapatan dan proyek, kami pasti bisa menjaring SDM baru dan mendidiknya,” ucapnya. (bil/c6/kim/jawapos)

Tinggalkan komentar

Filed under Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s