Rupiah Dianggap sebagai Salahsatu Mata Uang dengan Kinerja Terbaik pada 2014

Rupiah tahun ini telah menjadi mata uang emerging market berkinerja terbaik di dunia, di saat terjadi defisit transaksi berjalan dan perekonomian terbesar di Asia Tenggara menyusut. Di antara 10 negara terbesar di Asia, hanya China yang memiliki angka pertumbuhan melebihi dari Indonesia

Rupiah akan lepas dari kondisi terburuk untuk 1 di antara mata uang Asia tahun ini karena ekonomi Indonesia yang tangguh dan defisit neraca perdagangan menyusut akan menarik aliran dana investasi, demikian menurut para analis pasar. Pergeseran tahun lalu dalam nilai Rupiah yang terpukul nilai impor , mendorong surplus perdagangan ke level tertinggi dalam 20 bulan terakhir pada bulan November dan membuka jalan untuk rebound dalam nilai kurs rupiah.

Pada tahun 2014 aliran dana asing telah menyuntikkan lebih dari $ 1 miliar ke obligasi dan saham di Indonesia . Surplus perdagangan Indonesia pada bulan Desember adalah yang terbesar dalam lebih dari 2 tahun . Morgan Stanley dan Maybank memperkirakan apresiasi rupiah akan bertambah jika Jokowi memenangkan pemilihan presiden di bulan Juli.

Rupiah telah naik menjadi 11.840 per dolar setelah naik sebesar 2,5 % minggu lalu .

Pada 2013 , nilai tukar rupiah anjlok 21%. Sementara Rand Afrika Selatan, Real Brasil , Lira Turki, dan Rupee India merosot antara 1 dan 4,4 % pada periode yang sama .

Perry Warjiyo , Deputi Gubernur Bank Indonesia mengatakan bahwa untuk tahun lalu , defisit transaksi berjalan adalah 3,26% yang diperkirakan akan turun menjadi 2,5 % tahun berjalan dan 2 % pada tahun 2015 .

” Kami pikir rupiah adalah undervalued dan pada tingkat ini diberikan dinamika pertumbuhan, ” Jeavon Lolay , direktur riset global di Lloyds , mengatakan dalam wawancara di London, Rabu (12/02). “Angka-angka perdagangan baru-baru ini telah positif. Kami juga memiliki pandangan yang lebih positif terhadap pertumbuhan global, yang akan membantu pemulihan ekspor di babak kedua”, pungkasnya.

Tinggalkan komentar

Filed under Ekonomi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s