Babat Jerawat, Nama yang Berasal dari Pemberantasan Bandit

babatjerawatWARGA Babat jerawat, Kusaini, berkisah. Setiap mengurus KTP atau dokumen lain, dia kerap diberi pertanyaan serupa. ”Kok namanya Babat jerawat?” ucapnya.

Ya, barangkali banyak yang penasaran dengan nama Babat jerawat itu. Sungguhkah warga di sana kerap membabat jerawat agar wajah tetap mulus. Kusaini yang penasaran mengatakan pernah menelusuri asal-usul nama kampungnya itu.

”Dari beberapa warga, saya dikandhani kalau nama Babat jerawat itu dari kata babad jejerawat-awat,” katanya. Babad artinya memberantas, sedangkan jejerawat-awat bisa diterjemahkan sebagai berbaris sambil mengancam. Konon, daerah Alas Malang dulu adalah markas bandit. Suatu hari, mereka melewati daerah Babat jerawat. Warga mengetahui ada penjahat yang akan mengancam desa mereka. Warga bersatu padu, mereka membuat pagar betis di pinggir desa. Ketika para bandit datang, warga mengusir mereka dengan ancaman atau disebut juga dengan awat-awat. Seperti itulah cerita mengenai nama Desa Babat jerawat.

Abdul Mudjid, warga Babat jerawat, mendapatkan cerita tersebut dari kakeknya. Kakeknya sering bercerita ketika dia membantu di ladang kacang. Saat sedang mencuci kacang, kakeknya sering mendongenginya. Salah satunya adalah kisah Desa Babat jerawat tersebut. Dia mengatakan, tidak banyak orang yang mengerti cerita itu.

Namun, apabila ditelusuri secara historis, nama Babat jerawat sebenarnya berasal dari nama dua desa. ”Awalnya dari Desa Babad dan Desa Dukuh Jerawat,” kata seorang sesepuh Desa Dukuh Jerawat, Nur Kholis. Dulu dua desa itu terpisah. Sampai pada suatu hari, ketika pemilihan kepala Desa Babad yang baru, pemenangnya berasal dari Dukuh Jerawat. Untuk menghindari perpecahan, dua desa itu pun disatukan pada 1956. (laz/c7/dos)

Tinggalkan komentar

Filed under Indonesia, jatim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s