UMM Rilis Sistem Operasi “Maleo”

Jurusan Teknologi Informasi Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengenalkan operating system (OS) baru yaitu Maleo. Sebuah sistem pengatur handphone yang diprogramkan oleh UMM bekerjasama dengan PT IOSOFT. Rencananya Maleo ini akan dikembangkan sehingga bisa dipasarkan secara luas.

“OS baru bernama Maleo ini rencananya akan dikembangkan untuk produsen handphone. Sebab sistem baru ini lebih murah dan menawarkan sistem yang baru dari yang sudah ada,” ungkap Dekan FT Ir Sunarto MT kepada Malang Post usai MoU dengan PT IOSOFT kemarin.

Menurut Ketua Jurusan TI FT UMM Eko Budi Cahyono S.Kom, SO baru ini menawarkan aplikasi network pembelajaran. Sehingga bisa dimanfaatkan dosen dan mahasiswa untuk kepentingan studinya. Modelnya semacam friendster atau face book hanya saja sudah include dengan sistem dalam handphone. Ke depan, karya ini akan dikembangkan untuk tujuan komersial.

Hadir dalam MoU kemarin jajaran pimpinan IOSOFT diantaranya Direktur IOSOFT Wahyu Prayogo, dan juga pakar IT ITS Hariadi. Masing-masing didaulat menjadi narasumber diajang kuliah perdana mahasiswa di DOME kemarin. Seperti diutarakan Moch Hariadi ST MSc PHd yang menegaskan bahwa IT punya prospek yang cukup besar. Sayangnya bangsa Indonesia masih menjadi bangsa yang hanya mampu menjadi pen download bukan peng up load.

Sementara Adi salah satu perwakilan IOSOFT mengaku sangat menyayangkan kondisi masih terjebaknya para mahasiswa ataupun akademisi di jurusan TI dan elektro untuk mengaplikasikan software yang ada. Seharusnya bisa dikembangkan sehingga lebih berguna dan hemat. Dan tidak hanya terjebak pada penggunaan software yang harusnya menjadi objek utama. Sementara Wahyu dalam paparannya menuturkan kerjasama yang dilakukan anatar UMM dan PT IOSOSFT ini adalah dalam rnagka pengembangan social network. Dengan harapan lahir teknologi baru yang relatif lebih baik dan tentunya lebih murah.

Sementara itu Pembantu Rektor I UMM Prof Dr Sujono M.Kes menuturkan melalui kerjasama ini diharapkan terwujud para calon Technopreneur. (oci/eno) (Lailatul Rosida/malangpost)

Tinggalkan komentar

Filed under Berita, Indonesia, Malang, Malang Raya, Pendidikan

Tinggalkan komentar