Menpan Janji Tenaga Honorer Dijadikan PNS

Menpan Taufik Effendi dalam Seminar RUU Administrasi Pemerintahan di Fakultas Ilmu Administrasi (FIA ) UB kemarin

Menpan Taufik Effendi dalam Seminar RUU Administrasi Pemerintahan di Fakultas Ilmu Administrasi (FIA ) UB kemarin

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (Menpan) Taufik Effendi berjanji, sebelum masa jabatannya berakhir seluruh tenaga honorer akan didaftarkan menjadi PNS, atau paling lambat pada 2009 mendatang.

Menurutnya, program data base tenaga honorer ini sebenarnya sudah digulirkan sejak November 2005 lalu. Namun, ternyata masih saja ada tenaga honorer yang belum terdata.
“Sebenarnya saya sudah mewanti-wanti kepada para kepala daerah untuk mendata semua tenaga honorer yang ada. Tapi rupanya masih ada yang tersisa,” ungkapnya seusai menjadi keynote speaker di Seminar Rancangan Undang Undang (RUU) Administrasi Pemerintahan (AP) di Fakultas Ilmu Administrasi (FIA ) Universitas Brawijaya (UB) kemarin.

Ketua Umum Panahan Indonesia ini menuturkan, sebenarnya waktu yang sudah diberikan untuk pendataan di tiap daerah sudah lebih dari cukup. Yaitu selama tujuh bulan lebih. Sejak awal pendataan pada November 2005, data awal dikumpulkan pada awal Januari 2006. Kemudian masih diberikan kesempatan lagi bagi yang belum terdata pada Maret 2006. Hingga yang sudah terdata ada 920 ribu tenaga honorer. Jumlah ini menurutnya yang akan dituntaskan terlebih dahulu sebelum membuka formasi baru CPNS.

“Sebenarnya banyak yang mendesak untuk bisa dimasukkan di data awal honorer yang masuk sehingga bisa cepat diproses. Tapi, prioritas saya menuntaskan yang sudah masuk dulu, baru kemudian bisa membuka pendaftaran untuk yang belum terdata,” tegasnya.

Ia pun menjanjikan untuk segera menuntaskan pendataan seluruh tenaga honorer ini pada 2009 mendatang.

Sementara itu, dalam seminar kemarin Taufik menuturkan RUU AP diharapkan bisa disahkan sebelum 2009. Saat ini, RUU AP sudah dibahas sebanyak 50 kali baik melalui sidang kabinet maupun dikalangan akademisi di kampus. Pembahasannya tinggal selangkah lagi yang akan dikoordinasikan bersama Menko Kesra, sehingga mencapai finalisasi pada minggu depan. “Tinggal menunggu Amanat Presiden untuk kemudian dibahas di DPR. Sehingga harapannya sebelum 2009 UU AP sudah lahir,” tegasnya.

Kehadiran UU AP tersebut, kata Taufik, akan menjadi pegangan bagi para penguasa agar tidak sewenang-wenang dalam menjalankan peranananya. UU itu akan memberi batasan agar kewenangan yang dimiliki hanya untuk kepentingan melaksanakan perananannya sebagai aparatur negara. UU AP ini diistilahkannya sebagai nenek dari PTUN.

“PTUN itu sebenarnya anak, dan UU AP ini ibunya. Ibunya belum ada kok anaknya sudah lahir. Akibatnya banyak masalah yang akhirnya tidak bisa terselesaikan karena aturannya memang belum jelas,” tegasnya.

Hadir dalam acara seminar tersebut, beberapa pemateri diantaranya Guru Besar FIA Prof Solichin AW, MA PhD, Pakar Pemerintahan Kota Malang Drs Mas’ud Said Ph.D, dan beberapa pakar lainnya dari berbagai universitas di Indonesia. (oci/udi)
(Rosida/malangpost)

About these ads

143 Komentar

Filed under Berita, Indonesia, Malang, Pendidikan

143 responses to “Menpan Janji Tenaga Honorer Dijadikan PNS

  1. didik sudarmadi

    Jika benar statement Menpan tsb. perlu mendapat acungan 10 jari. karena tenaga honorer adalah tenaga yang jelas jelas sudah terbiasa untuk mengerjakan pekerjaanya. Namun yang menjadi pertanyaan adalah :
    1. Bagaimanakah nasib Guru Bantu DKI ?? sampai saat ini kok diam diam ???
    2. Jumlah GB yang sudah pemberkasan atas dasar daftar nominasi dari BKN kurang lebih 3000 an, lantas bagaimanakah mereka khususnya yang sampai saat ini usianya lebih dari 46 th ????
    3. Bagaimanakah yang SPK nya habis per 31 Desember 2007 dan sudah memperpanjang tetapi belum jadi ???

    terimakasih..

  2. suluh dewanto

    Saya sangat menunggu terealisasinya pengangkatan itu setidaknya usaha dan jerih payah honorer dalam mengabdi untuk negara betul-betul dihargai dan mendapat kesempatan yang bagus untuk menjadi pns karena saya yakin tenaga honorer yang mengabdi lama lebih menguasai tupoksi dalam bekerja di instansi masing-masing dengan gaji yang pas-pasan baik yang bujang maupun yang sudah berkeluarga semuanya tulus ikhlas menjalankan kewajibannya, hidup pak menteri Pendayagunaan Aparatur Negara semoga beliau selalu sukses dan selalu dalam lindungan Allah SWT Amin….hidup pak Taufik Effendi

  3. Angin segar dari pusat ( Pak Menteri maupun Presiden ) sangat membuat saya ( khususnya ) dan para Guru Bantu/pusat ( umumnya ) di Banyuwangi. Namun Saya sangat amat was-was sekali. SPK akan berakhir Desember 2008. Nmun tanda-tanda pengangkatan itu semakin pudar. ditambah lagi sudah kurang lebih 4 bulan ini saya belum terima gaji. Bagaimana ini ? Pak Presiden, Pak Menpan, Pak Mendiknas, tolong kami dong. Berita di daerah kok bertolak belakang dengan berita dari pusat ? Terima Kasih

  4. wijianto

    Lebih jempol lagi kalau pak Menpan juga mikirkan nasib guru swasta yang tidak punya kesempatan jadi pns. Padahal sudah bertahun-tahun mengabdi turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa.Tolong dong pak Menpan, beri kami kesempatan untuk didata.
    Terima kasih

  5. memi mandroe

    sangat mengagumkan kedijaksanaan yang akan diambil oleh Bapak Menpan. Semoga ini tidak hanya jadi publikasi manis tinggal janji. Bapak, bagaimana dengan tenaga kerja sukarela (TKS) atau magang di pelayanan pemerintah? mereka tidak mendapat gaji, tunjangan atau apapun,, nasib mereka bagaimana bapak?
    saya juga sudah menjalaninya 15 bulan (sejak 07 mei 2007)sampai sekarang…. tapi tidak ada kejelasan apa- apa? terima kasih Bapak…

  6. nuruddin bustomi

    pak saya udah sukwan mulai 2004 kenapa masih belun didata ke menpan.bagaimana cara agar dapat data base……..?alamat no 0321 6286403

  7. nuruddin bustomi

    mohon bapak secepatnya di tanggapi soalnya saya per bulan di gaji hanya 50.000/bulan.tempat kerja saya di sdn jarak 1 dsn:jarak kulon ds:jogoroto kec: jogoroto kab. jombang jawa timur.

  8. nuruddin bustomi

    pak menpan gimana caranya mengurusi data base,masalahnya saya sudah sukwan selama 4 tahun belum kedata dan di gaji hanya 50.000/bln,tolong pak mungkin bisa dimasukkan ke daftar tenaga honorer pusat agar harapan besar untuk direkrut pns 2009 ini.trima kasih banyak.tugas sukwan saya di sdn jarak 1 desa jarak kulon kec.jogoroto jombang jawa timur.bisa di cek kebenarannya.

  9. Pak Menpan yg bijaksana adik saya 34 th sudah menjadi TKS bag.Adm komputer selama 16 th di SMUN 3 Kuningan Jawa Barat sampai sekarang tidak diangkat menjadi TKK oleh BKD Kuningan.Apakah ada harapan untuk jadi PNS? terima kasih atas perhatiannya!!!

  10. Pak Menpan yang bijaksana,adik saya nama Yadi Rahmadi 34 th sudah jadi TKS bag.Adm.Komputer selama 16 th di SMUN 3 Kuningan Jawa Barat Telp.(0232-8710066).Sampai sekarang tidak diangkat TKK oleh BKD Kuningan. Apakah masih ada harapan untuk jadi PNS. Terima kasih atas perhatiannya…………

  11. aso iming

    pak bisakah tenaga TKS Clening Service RSUD Dr. H.M. Rabain Muara Enim menjadi CPNS, banyak TKS sudah kerja sampai belasan tahun tapi tak ada kepastian diangkat CPNS atau tidak? terima kasih atas perhatiannya.

  12. Ade harahap

    Assalamualaikum
    Pak saya Tenaga honorer TMT 01 Oktober 2005, belum terdata, bantu kami ya pak..

    Trima Kasih untuk bpk menpan

  13. STEAVE

    BNER GAK NIH

  14. ANDY

    KENAPA DAN MENGAPA KAMI PARA PTT DAN GTT DIANGGAP SEBELAH MATA ? PADAHAL KAMI BEKERJA SUDAH LEBIH DARI 10 TAHUN. DAN MENGAPA SEWAKTU KAMI MENGAJUKAN DIRI UNTUK MASUK KEDALAM DATA BASE SELALU DITOLAK OLEH PEMDA DAN BKD SETEMPAT ? KAMI MINTA PENJELASAN DARI BAPAK.

  15. Mr. Goda

    Pak Menteri, Pak Presiden,

    Saya guru sudah 7 tahun mengabdi di sekolah swasta, memang bukan guru bantu, tapi keberadaan saya diakui oleh pemerintah terbukti NUPTK saya keluar.

    Masalahnya adalah:
    1. Apakah saya juga termasuk yang dipikirkan oleh negara untuk menjadi Abdi Negara?
    2. Kekurangan saya dengan tenaga honorer lain itu apa?
    3. Kriteria honorer belum jelas

    Terima kasih pak kalau saya juga termasuk yang diusulkan untuk menjadi Abdi Negara.

    Permisi……!
    Mr. Goda

  16. Guru ^Merana

    Bapak Presiden SBY, kami guru-guru honorer non APBD/APBN dan Honorer Komite Sekolah Negeri di Kabupaten Dairi Sumut akan memilih bapak kembali untuk menjadi presiden kami periode berikutnya, Bapak Menpan kami percaya dengan janji bapak akanm menuntaskan kami sebelum 2009, sesuai dengan PP 43 2007.

    Kami pernah di data oleh BKD dan Dinas Pendidikan tahun 2005, tetapi berkas kami di buang ke sungai Lae Pandaroh. Sungguh hati kami tersayat mengetahui ini. Apa salah kami? saya baca berita diatas, Kepala daerah tidak menuntaskan pendataan data base. Kami pernah mengajukan agar kami di data ulang, BKD Dairi menolak dengan keras.

    Apa salah kami Pak? toh anak-anak para Kepala BKD, Kepala Dinas, Dan Muspida lainnya adalah siswa-siswa yang kami ajar di sekolah. setidaknya belas kasihan karena jasa kami saja sudah pantas kami mendapatkan hak untuk di masukkan ke data base di daerah dan pusat.

    Selain itu PP 43 tahun 2007 juga sudah jelas memberi kami peluang. Tapi sepertinya BKD dan Kepala Dinas Pendidikan jijik melihat keberadaan kami, seolah-olah kami ini hidup di zaman BUDAK. yang harus di singkirkan.

    Kalau Bapak presiden tidak memperhatikan kami, maka doa kami yang tulus untuk negeri ini akan di dengar penguasa surga, doa orang yang terabaikan dan teraniaya, di kabulkan ALLAH! Tidak heran kalau negeri ini terus di rundung Musibah. Dan itu akan terus terjadi jika pemerintah melupakan kami yang minor ini.

    Salam Tut Wuri Handayani
    Dari Guru-Guru honorer non APBD/APBN yang tidak terdata di adat base.

  17. Bapak Presiden yang saya cintai dan saya hormati, saya pegawai honorer, sejak tanggal 10 Mei 1976 di Proyek Brantas (sekarang Balai Besar Wilayah Sungai Brantas), sampai terbitnya PP 48 tanggal 11 Nopember 2005, saya tidak ter-rekrut CPNS, karena usia lebih dari 46 tahun, padahal pengalaman sudah 32 tahun lebih. dan selama terbit PP 48 sampai sekarang, statusnya saya (yang di atas 46 tahun) bagaimana ?, hanya sementara digaji dibawah satu juta rupiah, lain-lain tidak ada. Tolong Bapak Presiden perhatikan nasib saya beserta teman-teman senasib yang gajinya memprihatinkan. Padahal kalau gaji PNS dibandingkan gaji Honorer, membuat cemburu sosial. Dan pengalaman kerja lebih lama, tetapi gaji tidak disesuaikan. Terima kasih atas perhatiaannya.

  18. Pak..apa sih bedanya TKS dan TKK…?, terus kenapa TKS bekerja lebih lama dari TKK, namun mereka diangkat duluan, bahkan TKK yang masih baru pun sudah diangkat, mengapa data yang dikirim hanya TKK aja, sehingga TKK yang sekarang sudah diangkat semua jadi CPNS. Sementara menurut Menpan kalimatnya kan TENAGA HONORER yang akan diangkat BUKAN TENAGA TKK/TKS. Jadi menurut saya tidak ada bedanya antara TKK dan TKS. Mohon kejelasannya Pak..?

  19. Semoga SBY terpilih kembali, Menpan naik ke eselon yang lebih tinggi tetapi cita-cita menpan tetap terkendali sampai akhir 2009, GTT & PTT merdeka ! merdeka ! merdeka ! Amin

  20. I Wayan Wiarta

    Saya acungkan jempan atas pernyataan MENPAN, tetapi yang menjadi pertanyaan adalah tenaga honorer yang mana saja yang akan di PNS kan ? Kenapa selama ini yang menjadi prioritas adalah tenaga honor yang statusnya honor daerah atau honor pusat ? sekedar infor, saya menjadi tenaga honor sekolah di sebuah SMA dengan SK pengangkatan dari kepala sekolah, tepatya di SMAN 1 Pupuan Tabanan Bali sejak 15 tahun yang lalu. Bagaimana nasib saya ini? Apa saya juga termasuk ke dalam honor yang akan di-PNS-kan ?

  21. Aan N

    Saya juga kadang binggung . katanya yang 920.000 an itu ternasuk guru GTT dan pTT dan sejenisnya. Sedangkan yang 2 itu kebanyakan adalah non apbd/apbd tapi dipemerintahan. Faktanya database kita nggak masuk. Perlu dipertanyakan…
    Dan kita tunggu realisasi dari pak SBY untuk menuntaskan nasib kita GTT non APBD di pemerintahan ini, agar dapat pula diangkat menjadi CPNS. Gaji saya sebagai guru dengan 33 jam, sebesar 330.000/bulan. Punya isteri yg nggak kerja, 2 anak kembar kini sedang sekolah TK, ditambah saya sedang kuliah biaya sendiri. (katanya dibantu oleh pemerintah…Non sense..) itu cuma untuk guru setingkat SLTP, sedangkan saya mengajar di SMK Negeri, meski sudah didata, tunjangan fungsional yg 200 rb sebulan cukup lewat ditangan saja karena harus dikembalikan karena saya ngutang untuk kuliah.
    mungkin…
    bila pada akhirnya kita habis kesabaran..
    perlulah kita meminta suaka politik atau melakukan harakiri massal…..
    namun itu jika kita tidak memiliki iman
    teruslah berjuang dan berdoa teman-teman ku (081373667567)

    • Saya GURU SD honor/GTT sama seperti teman-teman yang lain juga berharap penuh jadi CPNS GURU.Apakah kami tersentuh pemerintah pusat kelak? kami tunggu realisasi nya dan bukan sekedar janji yang hilang seiring ditelan waktu.??? entah sampaikapan??? kalau tidak sekarang kapan lagi?? pkp.babel 08127833374. terus berjuang terang rekan GTT/PTT.

  22. “””””””””””P E N G U M U M A N “””””””””””””””””””

    SEBENARNYA ADA JALAN KELUAR………………

    LEBIH BAIK UANG SERTIFIKASI GURU DIGUNAKAN UNTUK MENGANGKAT GURU HONOR DI SEKOLAH NEGERI.

    BAYANGKAN BERAPA RIBU GURU BERSERTIFIKASI, TAPI DENGAN KERJA YANG PAS-PASAN ATAU TIDAK ADA PERUBAHAN.

    MALAH GURU YANG PNS AKAN BANGGA DENGAN SERTIFIKASINYA, TETAPI TETAP TIDAK ADA KERJANYA…………….

  23. Kepada Yth :
    1. Bapak Presiden Republik Indonesia
    2. Bapak Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara.
    3. Bapak Gubernur DKI Jakarta
    4. Kepala Bawasda Pemda DKI Jakarta
    5. Kepala Biro Kepegawaian DKI Jakarta
    6. Kepala Dinas Dikmenti DKI Jakarta
    di Jakarta

    Dengan hormat,

    Dengan rasa hormat yang sedalam-dalamnya kami sampaikan kepada Bapak Presiden Republik Indonesia, Bapak Menpan, Gubenur DKI Jakarta dan intansi terkaait yang sangat kami hormati dan kami kagumi. Untuk itu kami ingin menyampaikan rasa keprihatinan kami sebagai Tenaga Administrasi dan Pesuruh Honorer Sekolah SMA Negeri 55 Jakarta yang sudah lama kami mengabdi sebagai Tenaga Honorer (bukan PTT).

    Bapak-Bapak yang terhormat, data kami tiap tahun dilaporkan ke Dinas Dikmenti dan Sudin Dikmenti Jakarta Selatan (Isian Quesioner) dan telah kami sampaikan data tersebut ke Bawasda DKI Jakarta, tetapi kami mencari di Data Dbase belum ada. Apakah Laporan Kepegawaian dari tiap sekolah SMA/SMK Negeri di DKI Jakarta tidak terkaper terutama Tenaga Administrasi (TU) dan Pesuruh padahal kami pun sama bertugas membantu untuk mencerdaskan Bangsa yang berkecimpung di Bidang Pendidikan di tingkat SMA.Provinsi DKI Jakarta.

    Untuk tidak menimbulkan kecemburuan sosial, kami sampaikan keluhan-keluhan yang selama ini kami rasakan kepada Bapak dan Intansi terkait untuk meninjau peran serta kami dalam membantu mencerdaskan Bangsa. Kami mohon kepada Bapak untuk diangkat menjadi CPNS yang sangat kami idamkan selama ini (Pegawai Honorer) yang sudah diatas 15 tahun masa kerja.

    Demikianlah keluhan dan rasa keprihatinan kami sampaikan untuk dapat ditindak lanjuti. Besar harapan dan cita-cita kami apabila Bapak Presiden, Gubernur dan Intansi terkait dapat merespon perasaan kami.
    Sekali lagi kami mohon maaf yang sedalam-dalamnya atas kelancangan kami ini.

    Hormat kami a.n teman-teman (Pelapor) :

    Nama : SARNAN
    Tempat tanggal lahir : Kuningan, 17 Januari 1965
    Pendidikan : SMEAN. Tahun 1984
    Jabatan : Tata Usaha Honorer (SMAN. 55)
    Masa kerja : 20Tahun TMT (3 Desember 1986)
    Unit kerja : SMA Negeri 55 Jakarta

  24. Iblis

    Jangan Mempermainkan Nasib Guru Guru Swasta dan GTT yang setiap harinya selalu diresahkan oleh ketidak adilan orang orang yang mempunyai kekuasaan, baik kekuasaan di instansi kerja maupun kekuasaan membuat PP Peraturan Perundang undangan.

    Rasanya sudah lelah, jiwa, semangat maupun pikiran kami, merasakan penderitaan dari dan oleh pengambil pengambil kebijakan seperti PP No. 48 Tahun 2005, yang jelas jelas dan sangat sangat TIDAK MANUSIAWI, DISKRIMINASI DAN BIADAB, SEKALI LAGI BIADAB !. Pernakah yang membuta PP tersebut melihat efek dan akibat apa bagi korban korban kebiadaban dan kebejatan dari PP NO.48 Tahun 2005 yang kami sebut dan namakan PP BANGSAT DAN PP IBLIS LAKNAT. Coba temui para korban serta pelaku pelaku yang telah didzolimi dan dianiaya oleh orang orang pembuat PP tersebut dengan meminjam Tangan Melalui Saran PP No. 48 Tahun 2005 tersebut. Pernakah ditemui, diajak berdiskusi, diajak bermusyawarah para korban kebejatan dan kebiadaban PP LAKNAT tersebut? PERSYETTTAAAAAAN….IBLISSSSSS……..TIDAK BERHATI NURANIIIIIIIIII…….BIADAAAAABBBBB…… Hapuskan PP. No.48 Tahun 2005 tersebut !!!!, serta berikan dan kembalikan HAK HAK akan para korban KEBEJATAN dari PP NO.48, Tahun 2005. PEMBUAT DAN PELAKSANA PP YANG TIDAK TAHU MALU, TIDAK TAHU HATI NURANI…..BANGSATTTT…..IBLISSSSSSSS….SYETAANNNNN….

  25. agung

    hidup GTT/PTT, pegawai yang ajaib yang dengan 50-300 ribu dapat hidup dan menghidupi keluarga, pegawai yang mandiri dan berdikari sampai-sampai untuk mendapatkan pengakuan status harus berjuang sendiri tanpa ada yang mau peduli . Inikah Indonesia yang katanya menghargai guru ?. Setiap kenaikan gaji adalah kegembiraan bagi PNS tapi derita bagi GTT/PTT . Inikah janji SBY yang katanya akan mensejahterakan rakyatnya ?. Untuk mensejahterakan GTT/PTT saja tidak mampu. Untuk birokrat segera tobat !!!!

  26. agung

    Guru diberi tunjangan sertifikasi atau tidak kerjanya ya pas-pasan. 1000% tunjangan sertifikasi tidak akan memajukan pendidikan nasional. Lebih baik dialihkan untuk mengangkat pegawai honorer GTT/PTT yang sudah puluhan tahun mengabdi …. akan lebih barokah. Depdiknas banci …. tidak pernah mau tahu ada pegawainya yang sudah mengabdi puluhan tahun tanpa pengakuan status…. harusnya malu !!!!!

  27. honorer sekolah

    Bagaimana pak untuk honorer sekolah kapan didata ‘ kapan diangkat, umurnya sudah hampir pensiun

  28. Jannah Ardo Nining Nainggolan

    Nasib kami tenaga honorer yang masa kerja di atas 01 january 2005 kami serahkan kepada Pemerintah, karena kami hanya Rakyat biasa kami hanya dapat berdoa

  29. bapak SBY dan bapak Menpan saya tenaga honorer kab. sampang TMT terhitung 7 april 2005 bagaimana nasib kami apa ada kejelasan mengenai untuk masuk data base yg mana katanya tahun 2009 honorer akan diangkat menjadi PNS semua sedangkan tenaga kami sangat dibutuhkan dan porsi kerjanya lebih banyak dari pada yang udah PNS.

  30. AGUNG NUGROHO

    bagi orang-orang yang menganggap kami merengek untuk jadi pns lebih baik kalian berkaca introspeksi diri, apa yang sudah anda lakukan untuk bangsa ini ???. Kita hanya menuntut apa yang seharusnya kami dapatkan!!!. Di Indonesia ini tukang sapu jalan lebih dihargai daripada seorang guru yang mendidik anak bangsa agar cerdas ????

  31. ass pak menteri, saya pegawai honor NON APBD di SMA Negeri 3 pangkalpinang bangka sudah 12 tahun mengabdi mulai th. 1997 sampai sekarang. saya minta angkatlah kami mnjadi PNS, kami ingin merasakan kebahagian seperti pegawai yang sudah PNS. sebab kami belum di data menjadi DATABASE. mohon pak menteri nasib kami diperhatikan.

  32. Yana Herdiana N

    Assalamu’alaikum Wr, Wb
    Pak Menteri yang saya hormati.
    saya tenaga honorer administrasi di MAN Tegalrejo Kabupaten Magelang( dibawah naungan Depag), dan saya sudah mempunyai no register BKN. saya ingin bertanya kepada Bapak :
    1. Apakah dengan status diatas, saya bisa terangkat ?
    2. Kenapa yang statusnya sama seperti saya dan sudah mengumpulkan pemberkasan, sk CPNS nya kok belum turun juga ?
    saya memohon penjelasan dari bapak, supaya saya tidak larut dalam penantian yang sampai saat ini belum ada kejelasan.

  33. Kepada Yth.Bapak Presiden dan Bapak Menpan.
    Saya adalah TU diSMAN3 PANGKALPINANG Prop.Bangka Belitung dgn masa kerja 14
    thn lebih mulai thn 1995.Saya mohon keadilannya karena pada dasarnya saya sudah sudah mengabdi pada pemerintah tapi tidak ada perhatiannya.Bukankah kami juga ikut andil memajukan dan mencerdaskan bangsa.Kenapa honorer disekolah tidak mendapatkan perhatian diangkat menjadi PNS.Tolong Bapak-Bapak kami ini diangkat juga.Kami tidak masuk DataBase dan bukan dari APBN/APBD.Mohon Keadilannya

  34. Mahmudin

    Al hamdulillah saya bersyukur kepada Allah, masih memiliki pimpinan yang peduli terhadap orang-orang yang menjadikannya pimpinan. guru itulah orang-orangnya. pak menpan kasus kami di Kota Depok Jawa Barat, adalah ketakutan walikota kami terhadap PP 48 tahun 2005 dan ketidakpahaman tentang hak otonomi daerah yang dikuasakannya. mohon agar data guru honorer kota depok yang bertugas mulai dari 1 tahun sampai 23 tahun dan datanya pada tahun 2005 dihilangkan oleh kepegawaian Kota Depok, agar dapat di terima untuk di data base kan dan menjadi CPNS 2009. bukan salah guru, tapi pemerintah kota depok yang lalai akan tugasnya. kami harap dapat kekhususan.
    terimakasih atas perhatian dan dapat terkabulnya permohonan ini.
    Mahmudin Sudin
    Ketua Asosiasi guru honor Kota depok Jawa Barat.

    • lilian wahab sigiranggirang

      kenapa sayangnya guru guru honor dimintakan uang 25 juta untuk sekedar menjadi pns, padahal gaji yang diterima sebagai pns seumur hidupnya dimakan untuk anak istri, yang menerima dan memeberi bukannya sama sama terancam laknat dan tak selamat dunia akhirat, kalau seperti ini guru kencing berdiri murid kencing berlari, jangan salahkan generasi korup merajalela di depok. dan depok akan menjadi bencana, setu setu akan meluap melahap rumah rumah para markus cpns

  35. FUAD

    Ass. wr. wb., Yth Bp. Menteri : segala upaya bapak sangat kami dukung, jika memang benar mohon jangan dipersulit dengan tektek bengek persyaratan dan birokrasi apalagi uang. Sabda Rasulullah SAW : Permudahlah urusan orang lain, Insya Allah urusanmu Allah SWT permudah.

  36. pras

    Ass. wr. wb.
    Yth Bp. Menteri
    saya tenaga honore dikab ngawi dan sudah dapat no data base,tapi belum ikut pemberkasan.kira-kira kapan ya pak formasi 2009 dilaksanakan.takut saya sampai PEMILU belum ada pengumuman dan para pejabat ganti nasip kami jadi gak terpikirkan lagi.mohon kebijakannya pak.
    wss. wr. wb.

  37. yantie

    ass.wr.wb.
    Yth. Bp. Menteri
    Pak tolong segera diumumkan database ngawi yang tersisa dan mohon jangan sampai ada pembagian 2x lagi, hati kami rasa-nya seperti diiris-iris bila mendengar adanya penundaan pengumuman.Karena tenaga HonDa ngawi sangat banyak, kami mohon perhatiannya untuk kabupaten ngawi. Tolong distop dulu CPNS Umum di Ngawi dan tolong diselesaikan/dihabiskan dulu tenaga HonDa Ngawi. Dan kami mohon dengan seadil-adilnya. Kami orang kecil yang hanya menunggu dan nenunggu….
    wss.wr.wb.

  38. Abs

    Assalamu’alaikum wr wb.
    Sya adlh seorang GTT di sbuah MI Swasta dengan honor yg sangat pas2an,tapi itu sya syukuri.
    Saya ingin mengusulkan bgmana klo Sertifikasi DIUTAMAKAN UTK GURU GTT.Karena supaya ada sedikit pemerataan antara Guru PNS dan GTT.
    Disamping itu saya juga berusaha utk mjd Pengusaha.
    Karena dalam hadits dikatakan bahwa 90 dari 100 pintu rejeki ad di berdagang dan yg 10 ada di pegawai,karyawan,dll.
    Mari teman2 kta jg berusaha!
    Hidup GTT…
    Hidup Pengusaha!

  39. ria

    nasib-nasib……………
    mengapa kita dilahirkan sebagai manusia yang hanya menunggu belas kasihan dari BOS-BOS penguasa pemerintah.Sedangkan para BOS_BOS enak tinggal Cetak UANG terus, CPNSD UMUM hanya anjang KKN. Siapa punya uang pasti nasib-nya MUJUR.
    kepada bapak penguasa, tolong umumkan sisa database formasi 2009 kab. ngawi secepatnya, biar kami tidak selalu berburuk sangka kepada anda-anda.
    terima kasih.

  40. wadhis

    Kepada :
    Yth. Bp. Presiden dan Bp. MenPan

    Berhubung masa jabatan pemerintahan bapak mau selesai, kami mohon segera di umumkan sisa database PemKab. Ngawi untuk formasi 2009. Akan-kah terlaksana JANJI bapak kepada kami. Sebuah kebahagiaan bagi kami bila-mana bapak dapat merubah nasib kami, SURGA DOA kami untuk bapak dari kaum yang terdolimi.
    terima kasih.

  41. Ass. Wr. Wb.
    Yth Bapak MENPAN Taufik Effendi.
    Para Tenaga Kesehatan Di Kabupaten Jember-Jatim khususnya saya sebagai tenaga PERAWAT sangat senang dan bersyukur andaikan pernyataan Bapak Taufik Effendi tersebut terlaksana. Siap saya tunggu Pak.

  42. uci...

    Saya pernah lama jadi gtt, sangat faham betul dengan perasaan teman2 gtt/ptt, dari lubuk hati yang paling dalam, sy berdoa semoga tmn2 cepat menjadi pns, baik dari tes atau dari kebijakan khusus pemerintah…. semangat terus…. jgn lelah berdoa dan berusaha….
    bravo gtt/ptt!!!!

  43. Asalamual wr wb
    yth,bpk Manpan Taufik efendi

    kami tramtib dki jakrta amat sangat bertrimakasi dan brsukur atas Perya-
    taan bpak yg akan menjadikan tena-
    ga tidak tetap menjadi pns.

    kami ucapkan trima kasih

  44. I Wayan Wiarta

    Kepada bapak2 yang mengurusi pengangkatan CPNS honor, jangan pilih kasih ya ? hanya pegawai yang dibiayai oleh APBS/APBN saja yang diurusi, sedangkan yang honorer di luar APBD / APBN juga banyak Pak dan mereka-mereka itu juga anak bangsa yang turut berpartisifasi dibidangnya masing-masing serta masa pengabdian mereka bisa-bisa lebih dari mereka yang penghasilannya dari APBD/APBN? Tolong pikirkan juga nasib mereka?

  45. data base yang belum pemberkasan kira kira dibulan apa melaksanakan pemberkasan dan apakah bisa diangkat menjadi pns tahun ini

  46. Santeba

    Assalamualaikum,Wr.Wb.Bapa Menpan yg terhormat saya sudah 8 tahun menjadi TKS Di Dinas Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Banten, saya mohon kepada bapa Menpan, tolong diperjelas lagi masalah Tenaga honorer (TKS) di Provinsi Banten ini karna sampai saat ini keberadaan TKS tidak di akui oleh Pemerintah Daerah, kami sangat memohooooooooooooooooooooooooon kepada Bapa untuk memikirkan nasib kami,

    terima kasih.

  47. as,dengan segala hormat kami sangat berharab kebijakan bapak tentang tks dan tenaga honorer;khususnya di dinas kpu

  48. Ass. Wr. Wb.
    Yth Bapak MENPAN Taufik Effendi.
    dengan kemuliaan hati Bapak, tolong seluruh TKK yang ada di Kabupaten Ciamis segera diangkat jadi CPNS paling lambat 2009 ini. khususnya di Sekretariat Daerah yang hanya terdiri dari 9 orang yang katanya belum masuk validasi padahal TMT saya dan teman-teman sebelum keluar PP 48 Tahun 2005
    Balas

  49. INDRA

    Pak Mentri dan Bapak terkait tolong adakan pendataan Data-base baru ya! untuk kabupaten bangli BAli, kasihan lho teman-teman PTT dan tenaga honor daerah masih banyak yang belum masuk data-base padahal sudah ngabdi dari tahun 2005, trimakasih pak SBY

  50. GTT SMPN 25 SBY

    KAMI PARA GTT SMPN 25 SBY TAHUN AJARAN 2009-2010 INI KOQ MALAH DIPECAT IBU KASEK PAK!!!!!!!!MOHON PENJELASANNYA!!!!!NGGAK KASIHAN KAMI YAAAAAAA!!!!!

  51. Ass. Wr.wb
    Bapak Menpan. Nasib PTT Swasta lebih menyedihkan dari pada nasib GTT swasta dimana GTT dapat tunjangan fungsional dari pemerintah dan bisa. sedangkan PTT swasta tidak dapat tunjangan fungsional bukankan PTT ikut juga memajukan pendidikan indonesia, tanpa ada PTT tentu proses PBM akan terganggu. kami mengharapkan kebijakan Bapak untuk mengangkat PTT menjadi PNS karena kami tidak masuk data base.

  52. sayi

    salam
    pak…
    saya mohon agar status para guru bantu yang sudah pemberkasan segera diperjelas..
    khususnya di daerah Banyuwangi.
    mohon bantuannya….

    terima kasih

  53. Pak Menpan yang terhomat.
    Saya TKK TMT 11 Pebuari 2005 Kabupaten Garut-Jabar,saya tidak masuk dalam databes Pendidikan terahir saya SMA.apakah ada kesempatan bagi saya dianggkat jadi PNS seperti TKK 2004 kebawah.Terima kasih atas perhatianya

  54. saya honorer daerah Kab. Toba Samosir tepatnya di Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan dengan penggajian APBD, TMT 16 November 2007.Apakah saya dengan TMT tersebut dapat diusulkan masuk dalam database tahun ini..? saya S1 Pertanian, Jurusan Ilmu Tanah memohon kepada Bapak untuk penerimaan CPNS 2009 dari umum, agar dibuat formasi jurusan saya, karena selama ini, setiap penerimaan CPNS, jarang ada untuk jurusan saya tersebut. Mohon penjelasan Bapak. Terima kasih

  55. muhammad yunus

    Saya guru olah raga honorer sdn negeri mekarjaya 15, 20 th mengajar 0i-o7-1990 masih aktif ,pemkot depok tidak pernah merekrut guru honorer didata basekan,sehingga tidak pernah dianggap,ada kesempatankah untuk saya !!

  56. Pak Menpan yang terhormat,
    Saya guru bantu DKI Jakarta yang sudah pemberkasan CPNS bulan Maret 2007,sampai sekarang belum ada panggilan untuk tahap berikutnya. Mohon penjelasan Bapak, karena guru ptt yang pemberkasan bareng dengan saya sudah ada sk. Terimakasih atas perhatiannya

  57. Pa saya mohon program TKK ke PNS dilanjutkan oleh menteri berikutnya dan dilanjutkan seterusnya karena program tersebut sangat menolong bagi mayarakat menengah kebawah atau pro rakyat

  58. BERLIN H. S

    saya bertrima kasih banyak kkepada bapak, karna bapak telah membangkitkan semangat kerja kami, saya Honorer KPU Kab. Simalungun Provinsi Sumatera Utara yang mana sampai dengan saat ini kami belum ada satu pun yang masuk DATABASE. masa bakti kami dati tahun 2003 tetapi belum terdata sampai saat ini, untuk itu kami harapkan pertimbangan dari Bapak. untuk itu saya ucapkan terima kasih.

  59. oop mufti

    Assalamu alaikum.
    Yth..
    apa benar demikian?? atau hanya wacana saja?
    saya harap ini bukan wacana saja…….
    Bagaimana nasib TKK 2005 pak?

  60. roslaini siregar

    saya honorer yang tak masuk database angkatan juni 2005, kenapa sampai sekarang belum ada kejelasan? untuk masuk database BKN apa sih syaratnya pak???? kami honorer tak masuk database dinas kesehatan kota tanjungbalai,berharap perhatian dari bapak dan secepatnya bisa menjadi cpns… terima kasih bapak…

  61. Kepada Yth :
    1. Bapak Presiden Republik Indonesia
    2. Bapak Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara.
    3. Bapak Gubernur Jawa Barat
    4. Bapak Mendiknas
    di Tempat

    Dengan hormat,

    Dengan rasa hormat yang sedalam-dalamnya kami sampaikan kepada Bapak Presiden Republik Indonesia, Bapak Menpan,mendiknas, Gubenur Jawa Barat dan intansi terkaait yang sangat kami hormati dan kami kagumi. Untuk itu kami ingin menyampaikan Keluhan saya:

    Saya guru honorer di SMKN1 Kedawung Kabupatan Cirebon, sudah masuk dalam database di BKN, Memiliki NITH(Nomor Induk Tenaga Honorer, dan masuk dalam pengumuman CPNS formasi tahun 2006 untuk guru SMK yang ditanda tangani Kepala BKD dan Bupati Kab.Cirebon

    Saya dibiayai APBN dari tahun 2003-2004, namun CPNS saya masih belum diterima oleh BKD dengan alasan saya dibiayai APBN hanya 2 tahun, dan hingga saat ini SK CPNS belum jelas

    Jadi saya mohon bantuan untuk nasib saya, kejelsannya bagaimana, saya harus mengadu ke mana lagi
    terima kasih

    Saprudin, S.Kom
    Hp. 085224775792
    Email : Aq_sapru@yahoo.com

  62. di Banyuwangi memang ada pendataan, tapi sayang berhenti di Kabupaten dan tidak diteruskan ke pusat

  63. fantri

    bagaimana nasib honorer yang hilang dari daftar data base ke 2. saya salah satu korban. 085234177221

  64. REFIANDI, S. Si

    Kepada Yth :
    1. Bapak Presiden Republik Indonesia
    2. Bapak Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara.
    3. Bapak Mendiknas
    4. Bapak Gubernur Sumatera Selatan
    5. Bapak Bupati Musi Banyuasin
    4. Kepala BKD Musi Banyuasin

    Dengan hormat,
    Kami Atas nama Ikatan Guru Honor Kabupaten Musi Banyuasin yang belum terdata dalam database, yang honornya dibayar dengan dana APBD melalui Uang Komite Sekolah.
    Dengan ini mengajukan permohonan agar dapat didata kemudian diangkat menjadi CPNS.

    Kami sudah pernah mengajukan hal ini kepada Bupati Musi Banyuasin, tetapi yang menanggapi (menolak usul) surat kami adalah Sekretaris Daerah dengan didasari PP 48 tahun 2005 dan PP 43 tahun 2007 yang sudah kadaluarsa.

    kami juga sudah pernah(sering) datang ke BKD Musi Banyuasin, lagi-lagi ditanggapi dengan cara yang sama (PP 48 tahun 2005 dan PP 43 tahun 2007 yang sudah kadaluarsa) seolah -olah kesempatan buat kami memang tertutup, padahal Menpan sudah menjanjikan untuk mengangkat kami menjadi CPNS.

    Sementara Pihak Sekolah dan Dinas Pendidikan hanya mengurus persoalan Sertifikasi Guru PNS, yang hanya menghambur-hamburkan uang negara saja. Dengan kinerja guru PNS yang bobrok tunjangan sertifikasi tersebut akan mubazir dan pekerjaan yang mubazir aadalah perbuatan setan.

    Hormat kami
    Ikatan Guru Honor (IGH) PGRI Kab. MUBA
    Sekretaris,

    Refiandi, S. Si

  65. Ass wr wb. Permisi, kepada segenap pembaca, khususnya pihak Pemerintah. Kami yang di Kab. Pati Jawa Tengah memiliki kondisi yang jauh tak berbeda. Walau bagaimanapun kita tetap bersyukuu. Dan sebagai catatan dari surat terbuka dari rekan-rekan Ikatan Guru Honor (IGH) PGRI Kab. MUBA adalah saya pribadi, sangat mendukung usaha ini. Sebagai kata semangat segenap doa, harapan, serpihan ketikan di berbegai halaman web adalah titik-titik awan doa, yang kelak akan menjadi mendung dan insya Allah menjadi hujan besar, hujan kemenangan, kita yang sudah belasan tahun mengajar ini terangkat menjadi PNS. allahuakbar! dan biarlah sang ahli pemberi warna cabe lah yang akan mewujudkan mimpi kita. mari berusaha untuk semakin memantaskan status kita untuk pantas di PNS kan. Mohon maaf bila ada ketikan yang kliru. Wass wr wb.

  66. ade gunawan

    apakah tenega honorer SMA TMT 1 oktober 2005 vberhak menjadi CPNS.. tolong perhatikan nasib kami pa….!!!!!!!!!!!!!!!

  67. Fitriyani

    Ass.. Maaf sblmny.. Sesuai dgn (PP 48 thn 2005 dan PP 43 thn 2007). Saya salah satu tenaga kerja sukarela th 2005, tmt 10 januari 2005, dinas peternakan dan perikanan kab. Muaraenim sumsel.. (SK BUPATI yg di dana dr Anggaran APBD) “blm terdata dlm data base” pngkatan 2009 bln okto trakhir ini tdk ada. Sdngkn saya msh ttp bkerja d dinas trsebut, aktif, dn sgat membantu kelancran dinas trsbt smpai sekarang (TKS bagian keuangan). Apakah ad tndak lanjut yg diberikan kpd saya? Apakah saya bisa diangkat utk farmasi th 2009, yg hy tggal 2 bln ini? Mohon diberikan penjelasan dn tindak lanjutnya. Terima kasih. 081278223302

  68. Herman

    pak saya sudah mengabdi di instansi saya kurang lebih 5 thn ,tapi nama saya belum masuk database..besar harapan saya agar kiranya bisa di angkat jad pns,,,pak mentri bantulah kami yang rakyat miskin ini,,,kami yang benar2 ingin mengabdi untuk negara.

  69. puji widiyati

    Ass. Wr. Wb.
    Saya sangat bersyukur akhirnya Bapak SBY menjadi presiden RI untuk yang kedua kalinya, dengan harapan agar janji yang dulu pernah diucapkan akan dapat diwujudkan. Tapi saya agak pesimis dengan pergantian menpan yang baru, apakah honorer yang namanya tidak terdelete pada data base 2 akan bisa diangkat menjadi PNS. Saya adalah tenaga honorer pada sebuah institusi pendidikan sebagai tenaga administrasi yang sudah mengabdi selama 12 tahun. Teman-teman yang baru 3 – 4 tahun sudah menajdi PNS karena dibiayai APBN, sedangkan kami yang sudah lama mengabdi akhirnya terdelete dari data base 2. Bagaimana nasib kami selanjutnya Bapak Menpan yang baru ??

  70. Faisal

    Bener gak nehhh
    Kebanyakan janji dosa looo
    dari dulu begitu realisasinya mana

  71. Yth. MENPAN
    tolong kirimkan daftar tenaga honorer yang sudah masuk database pada Pemerintahan Kabupaten Melawi Kalimantan Barat. Alamat Email : nabaow18@yahoo.co.id

  72. Refiandi

    Segera selesaikan Rancangan PP baru tentang pengangkatan GTT/ PTT menjadi CPNS. kami sudah tidak sabar menunggu dan terus menunggu

  73. Jupri Antoni

    pak tolong kami yang tenaga honorer 2006 dipertimbangkan untuk masuk data base

  74. Jupri Antoni

    kami tenaga honorer di pemkab pelalawan riau dengan tahun sk 2006, mohon kepada bapak menpan agar dapat memasukkan kami kedalam data base.terima kasih

  75. Jupri Antoni

    yth, bapak menpan, saya dari tenaga honorer pemkab pelalawan, saya mau tanya kepada bapak, apakah masih ada pendataan untuk tenaga honorer tahun 2006?terima kasih

  76. roma

    guru honor yang bagai mana yang akan dijadikan pns???

  77. aeis

    tapi kenyataannya sampai detik ini tenaga honorer pun belum ada satupun yang menjadi PNS tolong bapak menteri supaya mengkaji ulang kepala daerahnya, kita juga sama tanggung jawabnya. kami harapkan bapak menteri mendengarkan aspirasi kami.

  78. kang miskin

    Yth.Aparat /pegawai /pejabat negara:
    kami rakyat yang tidak mampu dengan ini menyatakan :
    demi tumpah darah orang/masyarakat garut nu te boga duit ker nyogok jadi PNS,kami telah bekerja di kab.Garut sudah hampir 5 tahun dan kami bukan tidak bisa menguimpulkan uang buat nyogok tapi upah kami rendah hanya sebagai tkk kab.garut jadi kalu uang kami dari upah di tabung al hasi yang enak kucing belang saja sedangkan kami kelaparan semoga dengan ini pejaban bangsa ,dan pegawai pengangkat orang yang jadi pns yang suka di sogok sewmoga segera kembali kejalan yang benar dan tidak rakussss dam semoga kalau tetap rakus saya doakan masuk angin… dan mati penyakitnya amieeeeen !!!!!!!!!!!!

  79. KADEK GUNARSA

    Bapak presiden yang terhormat, dan bapak menteri yang saya hormati. saya tenaga honorer di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Badung,Bali. saya sudah mulai menjadi tenaga honorer bulan september 2004. besar harapan saya agar tenaga honorer non APBD untuk segera mendapat perhatian pemerintah, paling tidak masuk honorer APBD/honda. saya menunggu kepastiannya.mohon balasannya.

  80. onny jahaironi

    pak para tata usaha juga yah …. jadikan pns

  81. SUPRIYANTO

    mudah-mudahan perjuangan Bpk Taufik bisa diteruskan pada periode selanjutnya saya hanya bisa berdoa semoga apa yang kita lakukan sekarang ini kalau toh tidak mendapatkan di dunia mudah-mudahan mendapatkan imbalan nanti di akhirat sebab kesempurnaan hanya milik Allah semata Bpk Taufik pun manusia biasa kalau toh belum bisa memenuhi janjinya itu kita doakan saja mudah-mudahan beliau selalu sehat dan semoga tetap mau memikirkan kita amin.

  82. Yth. Bapak Menpan RI

    Saya PTT dari Banyuwangi telah melakukan pemberkasan data base sejak 2005, tapi mengapa sampai sekarang kok belum sampai di pusat atau memang tidak dikirim oleh pemerintah daerah ke pusat. saya mulai PTT sejak Juli 1986 diangkat oleh Kepala Sekolah dan kemudian 1987 diterbitkan SK Kanwil Prop. Jatim. Padahal sekolah di instansi pemerintah sangat membutuhkan tenaga PTT yang peran melebihi dari yang PNS. Dalam perjuangan mencari pengakuan tidak mendapat respon dari pemerintah daerah setempat dengan alasan bukan tenaga honda yang dibiayai oleh APBD/APBN dan PP No. 48 yang menjadi acuan kepala daerah sedangkan di kab. lain yang sama dengan saya malah toh menjadi PNS. Saya di SMA 1 Glagah Banyuwangi sudah 43 tahun sebagai tenaga PTT. Mudah2an Bapak bisa mempertimbangkan nasib tenaga PTT yang ada di Banyuwangi maupun daerah lainnya.
    Semoga misi Bpk SBY dalam mengentas kemiskinan tetap berjalan dan bukan menambah kemiskinan. Bangsa yang makmur hanya dilihat dari kehidupan perekonomian rakyatnya. Terima kasih

  83. lia

    Pak SBY yang terhormat, saya adalah salah satu GTT non APBD, saya sudah mengajar di SD sejak tahun 2003, tapi sampai sekarang tetap tidak jelas nasib saya, di angkat kontrak juga tidak. memang saya hanya WB di SD, kepala dinas pernah mengatakan pada saya kalau saya tidak bisa di angkat CPNS karena WB saya tidak relean dengan ijazah, memang ijazah saya S.Pd bahasa inggris dan karena di kabupaten SRAGEN bahasa inggris hanya MULOK maka tidak akan pernah di gagas. padahal kan kalau mengajar bahasa inggris itu kalau benar2 bukan jurusanya tidak akan bisa?terus kenapa Bupati saja menpublikasikan pentingnya bahasa inggris padahal saya dan mata pelajaran saya di SD hanya di pandand sebelah mata, sungguh sangat menyakitkan.apa yang harus saya lakukan pak.trima kasih

  84. sarkembe

    PP.No 48 Tahun 2005 …….????

    sampai saat ini honorer depkeu masih di rumahkan

  85. Yth, bapak MENPAN
    salam sejahtera buat bapak menteri MENPAN & keluarga,semoga sehat-sehat selalu.
    pak MENPAN yang terhormat,tolong perhatikan nasib2 kami para TKS yang ada di kabupaten kerinci prop.jambi.udah sekian tahun mengabdi menjadi TKS sampai saat sekarang belum jelas juga nasib kami para TKS yang ada dkab.kerinci-jambi,setiap penerimaan PNS selalu saja yang lulus anak2 atau famili pejabat2 yang berkuasa dikerinci.dan klo ingin jadi PNS dikab.kerinci harus punya uang Rp.80 juta bagi tamatan sarjana,bagi yang tidak punya uang jangan harap bisa lulus menjadi PNS.beginilah kinerja pemerintah dikab.kerinci selalu mementingkan materi disegala urusan pemerintahan,saya mohon perhatianx

  86. abd.jalil tangkudung

    tlong di data ulang tenaga honor di daerah2 terpencil.

  87. Relly yanto

    Kepada yth.Bapak Menpan
    Bagaimana status pegawai PTT kalau kabupaten baru,misalnya kabupaten baru berusia 3 tahun.apakah status putra daerah bisa diperjuangkan kami bantuannya.

  88. Relly yanto

    Kepada yth.Bapak Menpan
    Bagaimana status pegawai PTT kalau kabupaten baru,misalnya kabupaten baru berusia 3 tahun.apakah status putra daerah bisa diperjuangkan kami mohon bantuannya.

  89. robinson

    sy sangat mendukung pemerintahan pak sby beserta kabinet indonesia bersatu jilid 2, karena saya yakin pasti ada kebijakan yang diambil bagi kami tamatan SLTA yang tdk py formasi utk menjadi CPNS dari umum. harapan kami semua honorer yang sudah didata didaerah tolg diangkat menjadi PNS dalam tahun ini. semoga negara indonesia semakin makmur dan dewasa amin.

  90. pa bagaimana dengan daftar NUPTK sebagai honorer PTT dan gimana nasibnya.semoga menpan bisa memperjuangkan nasib GTT dan PTT terima kasih.karena udah jelas honorer betul-betul mengabdi pada negara palagi udah belasan tahun punteun diperhatosken pa hatur nuhun.

  91. dan tolong tindak lanjuti bagaimana nasib yang belum masuk data base.padahal saya udah hampir 15 tahun lebih.padahal data pengabdian saya udah saya kirim
    tapi ga da tindak lanjutnya gimana pa?

  92. ass.pa sya dah lima belas tahun bahkan lebih dari 15 tahun mengabdi di pemerintahan sebagai PTT di Instansi Pendidikan SMAN 24 BAndung sampai saat ini ga da kejelasan padahal saya terdaftar di NUPTK,yang saya ingin tanyakan buat apa NUPTK? hanya ikut numpang doang gimana pa dengan janji bapa katanya semua honorer PTT/GTT akan dihabiskan tapi yatanya sampai saat ini masih banyak yang belum terdaftar di data base.kasihanilah nasib kami pa yang hanya mengenyam debu dan keringat banting tulang tuk mengabdi saya punya anak dan istri sampai saat ini hanya mencukupi dengan penghasilan sebulan.ga da yang lain.maksih tolong pa perhatikan nasib para honorer GTT/PTT makasih pa wasalam.

  93. mohon balasan dan kejelasan dari bapa hatur nuhun?

  94. mohammad ali satiri

    saya honorer di p2b kecamatan koja jakarta utara sudah lebih dari 8 tahun saya mengabdi tapi sampai sekarang tidak pernah ada kejelasan hanya pendataan2 saja tapi blum ada yang jelas, mohon kebijakan pemerintah krna masih banyak yang seperti saya bahkan lebih dari saya pengabdiannya. terima kasih

  95. Bpk Menpan yg terhormat bagaimana dengan kami tenaga honorer yg didata pd tahun 2005 tapi smpai sekarang blm diangkat krn pada waktu itu blm mncapai satu tahun dan hanya memiliki SK kepala dinas…apakah ada kemungkinan bagi kami untuk diangkat menjadi CPNS…?terima kasih untuk pengertian bapak..

  96. darminto

    Yth MENPAN
    GTT/PTT di sekolah swasta juga mencerdaskan anak bangsa mengapa harus dibedakan antara negeri dan swasta???????

  97. Mael Wijaya

    Kepada Yth :
    1. Bapak Presiden Republik Indonesia
    2. Bapak Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara.
    3. Bapak Mendiknas
    4. Bapak Gubernur Sumatera Selatan
    5. Bapak Bupati Banyuasin
    4. Kepala BKD Banyuasin

    Dengan hormat,
    Kami Atas nama Ikatan Guru Honor Kabupaten Banyuasin yang belum terdata dalam database, yang honornya dibayar dengan dana APBD melalui Uang Komite Sekolah.
    Dengan ini mengajukan permohonan agar dapat didata kemudian diangkat menjadi CPNS.

    Kami sudah pernah mengajukan hal ini kepada Bupati Banyuasin, tetapi yang menanggapi (menolak usul) surat kami adalah Sekretaris Daerah dengan didasari PP 48 tahun 2005 dan PP 43 tahun 2007 yang sudah kadaluarsa.

    kami juga sudah pernah(sering) datang ke BKD Banyuasin, lagi-lagi ditanggapi dengan cara yang sama (PP 48 tahun 2005 dan PP 43 tahun 2007 yang sudah kadaluarsa) seolah -olah kesempatan buat kami memang tertutup, padahal Menpan sudah menjanjikan untuk mengangkat kami menjadi CPNS.

    Sementara Pihak Sekolah dan Dinas Pendidikan hanya mengurus persoalan Sertifikasi Guru PNS, yang hanya menghambur-hamburkan uang negara saja. Dengan kinerja guru PNS yang bobrok tunjangan sertifikasi tersebut akan mubazir dan pekerjaan yang mubazir aadalah perbuatan setan.

    Hormat kami
    Ikatan Guru Honor (IGH) PGRI Kab. BANYUASIN
    pak tolong pikirkan kami guru honorer SD NEGERI PULAU PARANG…….!!!!!

  98. Pak Presiden,pak menpan yang baik hati saya udah lebih dari 15 tahun mengabdi jadi PTT sampai saat ini belum terdata di data base, yang ingin saya pertanyakan atas janji bapa yang udah diungkapkan mana, dan yang ingin saya pertanyakan lagi untuk apa NUPTK nomor unik pegawai dan tenaga kepegawaian itu untuk apa kalau ga da kejelasan. tolong nasib kami pa saya punya istri dan anak anak saya juga pingin seperti orang lain pa sekolah sampai kejenjang yang lebih tinggi tapi apa daya tangan tak sampai biaya ya juga mesti ngutang terima kasih pa. tolong perhatikan kami.

  99. donal siahaan

    kl itu program bapak maka lakukanlh pak dengan secepatnya karena kami dari tenaga honorer sangat berharap sekali adanya pengangkatan CPNS apalagi kami dari tenaga honorer dari kabupaten toba samosir Provinsi sumatera utara.kapan dan tahun berapa kepastiannya pengangkatan itu dilaksanakan..trima kasih atas rencana bapak

  100. embe

    ada kabar lagi bkn dah ada yang bernip,cek di sarkembe.wordpress.com

  101. Indrawati,SP

    yth bapak menpan saya sudah 11 tahun sebagai guru gtt di suatu sekolah dan tahun 2004 sebagai tenaga honor dana apbd tetapi sampai sekarang tidak ada kejelasan nasib saya sementara data saya sudah masuk keBKN tetapi tidak kunjung keluar CPNSnya sementara teman-teman saya sudah diangkat sjadi CPNS sekarang saya ingin kejelasan dari Bapak Menpan Apakah Ada pengakatan tenaga Honorer yang datanya suadah sampai ke BKN ? mohon jawabab dari Bapak dan kapan kira-kira kejelasan dari kami sebagai tenaga honorer ini.

  102. sulaeman

    kalau memang benar apa yang dikatakan Pak Menpan, berarti pemerintah sekarang benar memperhatikan rakyatnya.Tapi yang saya khawatirkan adalah nasib teman2 yang sudah lama mengabdi jadi jadi honor bertanya pada pihak terkait juga belum ada jawaban tentang nama nya, apa lagi saya saya sudah jadi honor selama 7 tahun, tp sampai sekarang belum ada ada penjelasan yang riil tentang nasib saya.

  103. dicky ginanjar

    ass.wr.wb.saya dicky bekerja di dinas kependudukan kota bandung dan tugas saya adalah sebagai operator di kecamatan (untuk mendata dan mencetak kk dan ktp)y bs dikatakan lah ujung tombak dinas terkait.saya sudah 4thn lebih bekerja sebagai operetor kk dan ktp tp tak kunjung ada pengangkatan bagi saya dan rekan-rekan …
    dengan status magang(tenaga honor)…
    trim’s

  104. assaamuaaikum.wr.wb
    sungguh perihatin kami sebagai warga negara yg benar2 menjungjung tinggi martabat negara dgn sikap para petinggi pemerintah yg berapiori masalah (mengangkat/menjadikan), (pekerja/pengabdi negara) yg berat untuk memberikan nomor induk pegawai negri sipil.

  105. jaki

    pak, kpan PTT di beri honorer sudah 1 tahun lbih blom digaji sya sdah 4 tahun kerja tidak di beri honor

  106. Semoga ini bukan pentas badut. Karna di negeri ini teramat sulit mencari keadilan khususnya diskriminasi pada PTT TU Sekolah Negeri di seluruh Indonesia.

  107. ana

    Kepada Yth :
    1. Bapak Presiden Republik Indonesia
    2. Bapak Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara.
    3. Bapak Mendiknas
    4. Bapak Gubernur Sumatera Utara

    Dengan hormat,Sehubungan dengan Surat Edaran ttg Pendataan Tenaga Honorer (SE No.5 Tahun 2010)dimana salah satu syaratnnya adalah memiliki masa kerja minimum 1 tahun pada 31 Desember 2005 kami mohon kepada Bapak selaku pimpinan yang berwenang agar benar-benar bekerja dengan jujur, akurat karena di daerah kami di Toba Samosir telah beredar informasi bahwa tenaga honorer SATPOL PP yang masuk tahun 2010pun bisa masuk dengan syarat memberi uang untuk mengurus ke BKD dan BKN pusat, kami tidak tau apakah hal itu benar atau hanya ulah oknum yang gak bertanggungjawab kami mohon agar Bapak mengusut tuntas masalah ini sampai ke daerah karena ini sangat meresahkan kami selaku tenaga honorer yang tidak dibiayai oleh APBN/APBD karena sesuai dengan isi PP nomor 43 tahun 2007 pasal 6 yang berbunyi Tenaga honorer yang bekerja di instansi pemerintah tetapi tidak dibiayai oleh APBN dan APBD, baru dapat diangkat menjadi CPNS apabila semua tenaga honorer yang dibiaya APBN dan APBD seluruhnya. Kalau begini keadaannya pak kapan kami bisa terangkat, kami yang telah bekerja selama puluhan tahun dengan gaji sedikit tidak bisa diangkat menjadi cpns hanya karena ulah mereka yang telah merekayasa data kami mohon dengan sangat agar hal ini diusut secara tuntas. Demikian saya sampaikan atas perhatian bapak kami ucapkan terima kasih.

  108. Ps. Thomson Marbun, S.Th

    Kita harus belajar banyak dari pernyataan Presiden Amerika Jhon F Kennady yang mgtkn jangan katakan apa yang telah diberikan negaramu ketapadamu, tetapi apa yang telah engkau berikan kepada negaramu. falsafa ini sebenarnya amat baik bila mana direnungkan. kita belajar juga dari Presiden Amerika yaitu Abraham Lincol, beliau adalah berasal dari kerluarga yang fasik dan kehidupannya yang tidak jelas tetapi ketika Tuhan merubah hidupnya ia membuat suatu sejarah yaitu mengorbitkan uang logam yang tertulis IN GOD WE TRUST inilah yang membuat Amerika menjadi besar. jd tujuan bukan menjadi PNS tetapi sikap dan akhlak bangsa inilah yang sangat penting diperbaik lalu selanjutnya berkah Allah akan turun dari atas kebawah maksudnya kalau para pemimpin bangsa ini telah dibaharui seperti Presiden AS yaitu Abraham lincol maka dengan sendirinya kebawah pun dalam hal ini masyarakatnya pasti akan terperhatikan dengan baik, jadi sembari kita mengharapkan menjadi PNS kita harus tetap trus berdoa bagi perubahan suatu bangsa yang takut akan Tuhan dan bermoral yang baik, kiranya Tuhan turun tangan mencelikkan mata rohani para pemimpin-pemimpin kita. salam sejahtera bagi kita semua. God Bless us

  109. Assalam Bpk
    Syukurlah atas kebijakan Bapak, Berita Haru Bahagia tuk Tenaga Honorer seluruh Indonesia.
    namun mengapa sosialisasi Hanya Tenaga Honorer Tahun 2005 saja, Bagaimana Tenaga Honorer Tahun 2006 s/d 2010 ini, bagaimana Kinerja Tenaga Honorer dan Kompetensi Guru Honorer tersebut sama dengan Guru yang sudah diSertifikasi
    Apakah tidak diberikan kesempatan Untuk CPNS Loyalitas Guru Yang sudah mengabdi tersebut Bpk?

  110. budiman

    Segerlah mantaplah..
    pokokkya mantap/.///

    mudah-mudahan tidak ada kecurangan!!!

  111. arif hendra wijaya

    alhamdulilah moga cepet pak !
    kami PTT Sekolah Negeri di Banyuwangi kapan di masukan data base !
    Tolong kami Pak Mentri.!~

  112. byu

    salam hormat pak,
    Para guru dan tenaga honorer diseluruh Indonesia sangat memberikan kontribusi yang membawa kemajuan di beberapa instansi pemerintahan. Kami mohon bapak aparatur negara yang kami hormati berkenan memperhatikan nasib kami.
    Bahkan juga nasib PTT dam GTT/WB setelah 2005 hingga sekarang 2010 yang juga punya kualitas dan kecerdasan tidak kalah dengan yang lain.
    Dan juga bagaimana nasib GTT dan PTT yang bergelut dalam bidang pendidikan non formal yang notabene honor bersumber dari APBN/APBD yang sudah bekerja lama mengabdi tetapi tidak tersentuh dalam pendataan yang dilakukan pemeintah saat ini?

  113. Parman, SE.I

    Yth. Bapak MENPAN bagimana nasip kami Tenaga honorer di Lingkungan KPU Pasaman Barat yang telah mengabdi Kurang lebih 4 Tahun yang digaji dengan dana APBN apa bisa masuk Data Base Pusat trims..

  114. Ass kami tenaga honorer dari Kab. MubaKec. Lalan SMP N 2 Lalan mintatolong apakah data bes yang kami lengkapi di kab. muba sudah masuk Ke BKN pusat/ propinsi terima kasih wass

  115. lilian wahab sigiranggirang

    bapak mentri tolongin dong guru guru honor kota depoknya, mereka saat ini lagi cari uang 25 juta karena dimintakan untuk menjadi pns yang di janjikan oknum, uang 25 juta itu tidak sedikit pak mentri lima juta ajah susah nyarinya, gaji mereka cuma 250.000 sebulan mau ganti uang 25 juta berapa tahun gaji, padahal oknumnya itu gak mikir kalo kaya gitu nasib kami. dia malah enak enak bikin rumah baru pake uang hasil nipu

  116. dyna

    Kalo saya lihat dr keluhan2 diatas Kayanya Pemerintah Indonesia Tidak Pernah Mendengarkan Keluhan Rakyatnya yang sudah benar2 terkulai dan teraniaya….yang mereka dengarkan hanya suara Pejabat pejabat Atas saja…seperti jalan2 keluar negeri untuk para pejabat2nya..serta untuk kenaikan Gaji para Pejabat2nya pemerintah pasti lebih memperhatikannya…belum lagi Pembangunan Gedung baru MPR/DPR…dan masih banyak lagi Pemerintah tidak mempedulikan rakyatnya…sebenarnya rakyat juga tidak mempersoalkan Pemerintah mau buat apa kek or mau bangun apa kek buat para Pejabat2 itu…Tapi Rakyatnya Juga Musti didengarkan dong Apa Kemauan mereka…dan Apa Duka mereka….? Seharusnya Pemerintah punya Situs atau Web yang Khusus untuk MENAMPUNG Keluh Kesah Rakyatnya…Biar Mereka Tahu….Bagaimana Menderitanya menjadi Rakyat Jelata….

  117. tolong pak, saya nama hidayatulloh lhr serang, 11 juni 1978 guru honorer d sdn waringinkurung 2 kab serang , prop banten sudah kerja dari th 2004 tgl 1 agustus supaya diprioritaskan untuk di angkat pns

  118. rapael

    Menpan Buktikan jgn omong doang basi

  119. HENDRO

    sudahlah kita tak butuh dengan janji2 tapi yang jelas kita butuh bukti
    BRAVO……….
    PTT INDONESIA…….
    KAPAN KITA BISA DIANGKAT JAI PEGAWAI NEGERI

  120. yth. Bapak presiden RI, Bapak menpan, Bapak kepala BKN pusat, Bapak ketua komisi DPR RI khusus bidang honorer dan bapak/ibu ka kantor yg berkaitan dgn hononorer termasuk Bapak Bupati Nias selatan, Bapak ka BKD nias selatan, saya sudah honor sejak tahun 2000 hingga sekarang. Riwayatnya sbb: tahun 2000-2003 honor di SMP Neg. 1 bawolato, tahun 2003-2008 honor di SMP BNKP telukdalam, tahun 2009-2011 honor di kantor PU kab. Nisel(honor APBD). keluhan saya, tolong pada pengangkatan tahun ini, saya diperhatikan. Saya sudah menjerit mengejar PNS. Tuhan memberkati Bapak semuanya Amin. Saya tamatan D_3 manajemen. Trimakasih Wb.

  121. Assalamu’alaikum wr,wb……….
    Saya sudah honor di MAN Arga Makmur Kab. Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu sudah hampir 10 tahun tp sampai kini database belum ada kabar jadi ngimana…………tlong dipertimbangkan

  122. saudara saya ikut pemberkasan guru TK tenaga honorer tahun 2007. nomor databasenya 01-0405.TMT=15 juli 2002. Kapan saudara sy bs di angkat jd CPNS?

  123. kapan pelaksanan tenagan honorer non apbd apbn diangkat cpns

  124. kapan moderasi 6 maret 2012 tentang penangkatan honorer non apbd/apbn

  125. budi

    BUDI
    16 Maret 2012
    saya ptt per juni 2005 ,dan sudah mengabdi 7 thn,Apakah bisa masuk data base Pak Mentri??????

  126. chema

    pak, kapan kami honorer 2005 yang digaji APBD TAPI TIDAK PENUH 1 TAHUN DI TAHUN 2005, akan diangkat jadi CPNS?

  127. Deni Arianto

    Data base Siluman banyak di K2 Banyuasin dan Kotamadya Palembang. Banyaknya Data base siluman di temukan di banyuasin terutama untuk TU sekolah Dasar yang ada TU nya sejak 2008 kok ada yang sudah honor 2004 dan 2005 dan Dinas Pendidikan Kota Palembang tidak transparan dalam mengumumkan nama-nama yang Lulus K2 karena tidak menempelkan pengumuman di dinding atau di media masa di sini jelas sekali kelihatan ada permainan yang di lakukan. karena dari data yang saya temukan ada yang Honor 2009 tetapi bisa masuk data base semustinya pengumpulan data tenaga honorer harus menyertakan semua nama-nama tenaga honorer yang bekerja di sekolah masing masing.untuk pembuktiannya nanti bisa kelihatan apakah benar honorer tersebut ada di daftar temannya yang lain yang sama-sama mengajar,

  128. Bpk/Ibu BKN dipusat tolong nasib kami diperhatikan honorer Kab. Ketapang yang tahun 2005 tidak masuk database K1 dan K2 sampai sekarang ini belum ada jawabannya malahan yang menipulasi saja nama nya bisa keluar dari K1 dan K2 tapi kenapa orang seperti kami yang umur nya dibawah 19 tahun tidak keluar yang benar2 Kerja dari 2005 sampai sekarang ini….

  129. Bpk/Ibu BKN dipusat tolong nasib kami diperhatikan honorer Kab. muaraenim yang tahun 2006 tidak masuk database K1 dan K2 sampai sekarang ini belum ada jawabannya malahan yang menipulasi saja nama nya bisa keluar dari K1 dan K2 tapi kenapa orang seperti Kerja dari 2006 sampai sekarang ini….

  130. Kami guru honorer di kemenag kabupaten kebumen, yang mulai mengabdi dari 2004 sampai sekarang, di biayai oleh DIPA, secara terus menerus, kenapa tidak masuk di list K1, ada apa ini???????????????

  131. Ass. Bpk2 yg saya hormati. Dengan segala hormat, Saya memohon ketulusan dan kebijakannya. Agar saya diangkat jadi Pegawai Negri. Saya Wawan Setiawan bekerja sebagai Guru TKS di SDN Puspadaya Desa Margaluyu Kecamatan Purabaya Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Saya sudah delapan tahun lebih bekerja sebagai TKS. Saya orang kecil, tidak bisa berbuat seperti yang lainnya. Saya hanya berharap pada yang punya kebijakan dan hakikatnya pada Allah SWT. Semoga bpk mengabulkannya dengan tanpa syarat. Sekian dan terimakasih.

  132. wahai teman-teman pahlawan tampa jasa dimana saja berada pengabdian terhadap bangsa dan negara memang wajib kita sepakat hal itu,tapi haruskah kita selmanya mengabdi hingga akhir hayat menjemput,smentara keluarga dan anak anak kita dibelakang ikut melanjtkn penderitaan kita slm ini, kemungkinan anggaran yang dialokasikan untuk pengangkatan honorer dikembalikan ke kas negara karn kas negara nihil mugkin APBN jebol ,sehinga kita mugkin batal lagi diangkat,pak mempan dan pak bkn pp no.56 udah diteken sby kapan direalisasikan,kami sdh menungg slama 12 tahun dgn pengabdian sbgai guru honorer adakah akhir dari pengabdian kami slm ini.KAPAAAN?
    balas,TRIMS

  133. eka y

    saya salah satu tenaga honorer dari pemda kabupaten bangli, masa pengabdian saya sudah hampir 8 tahun. tugas saya di kantor sudah melebihi tugas dan kewajiban seorang pns yg ada di tempat saya bekerja. yang ingin saya tanyakan kapan saya/kami akan diangkat atau diakui sebagai pns? dan harapan saya/kami kepada bapak penguasa kabupaten bangli perjuangkan nasib kami karena kami telah mendukung bapak dari awal. terimakasih

  134. janganlah terlalu berharap berlebihan kepada pemerintah yang haus akan uang untuk diangkat jadi PNS, lebih baik kita menjadi wiraswasta tanpa ribet2 mengharap hal yang belum pasti.

  135. Sampai kapan pemerintah hanya memberi janji2 kepada guru honorer. semoga teman2 semuanya diberi kesabaran dan keikhlasan. amiin…..

  136. adi

    tolong pak di perhatikan anggota satuan polisi pamong praja

  137. as
    pak mohon dipertimbangkan nasib para TKS
    dan juga Operator e-KTP yang masih TKS
    semoga ada jalan untuk menjadi PNS
    terima kasih

  138. AGUNG

    Sekarang udah tahun 2014 dari jadwal 2009 tapi kamui tetap tetap menyandang status pegawai honor di perpustakaan sekolah ,sedang perpustakaan sangat membantu sekolah untuk mencetak para menteri dan juga presiden ,jadi mana perhatian pemerintah untuk menuntaskan para honor ini terima kasih

  139. OM SWASTIASTU

    Kepada Yth,
    Bapak Presiden Republik Indonesia
    di -
    Jakarta

    Dengan Hormat
    Bapak Presiden yang terhormat sebelum Bapak meninggalkan kursi kepresidenan ini yang sudah bapak duduki selama 2 periode kami selaku pegawai honor di sebuah sekolah negeri di Bali memohon dengan sangat hormat agar Bapak bisa memperhatikan nasib kami sebagai pegawai honor yang juga mengabdi kepada Negara ini.
    Karena semakin hari umur kami bertambah tapi nasib kami belum ada kejelasanya . Sekali lagi Terima kasih ,dan bilaman ada kata kata yang kurang baik saya minta maaf .
    Om santi santio Santi Om

  140. hanya karna kurang 6 bulan tidak masuk database, SK dari gubernur riau tertenggal 1 juli 2005, tidak berlaku KAMI TIDAK MASUK KATAGORI K2, terus gemana pak nasib kami? adakah sdusulan untuk masuk data base berikutnya ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s